Artikel

Home / Artikel

EMPAT BELAS JAM TANPA MAKAN MINUM

Sekira empat belas jam, tubuh tidak akan mendapatkan asupan makanan atau minuman sedikit pun. Tubuh pun akan merasakan lapar dan haus. Untuk mempertahankan vitalitas tubuh selama menahan lapar dan haus, seseorang harus bisa mengontrol kadar gula dalam tubuh, demikian menurut Dr Diana Suganda, seorang ahli gizi seperti dikutip dari viva.co.ideal.

Meski puasa merupakan salah satu bentuk terapi kesehatan, namun bila salah melakukannya, beberapa penyakit bisa datang dan mengganggu kenyamanan kita menjalankan ibadah puasa. Berikut adalah beberapa gangguan kesehatan yang mungkin terjadi dan bagaimana penanganannya:

  1. KONSTIPASI ATAU SEMBELIT

Sudah menjadi kebiasaan, ketika sahur orang makan secukupnya karena merasa tidak lapar dan mata ngantuk. Kebiasaan mengonsumsi kolak pisang dengan santan kental nan dingin merupakan salah satu penyebab terjadinya sembelit dan kemudian malah menyebabkan kolesterol naik. Semakin buruk bagi para pecinta kopi adalah dengan mengkonsumsi kopi baik sebelum ataupun sesudah sahur. Ini merupakan kebiasaan buruk karena kandungan kafein pada kopi dapat meningkatkan produksi air kencing sehingga menimbulkan dehidrasi pada saat berpuasa serta mengeraskan kotoran pada usus yang dapat menimbulkan sembelit. Kadang kita minum teh manis pada saat sahur, faktanya adalah teh manis yang dikonsumsi saat sahur bisa mengenyangkan sesaat, tetapi dapat menyebabkan hipoglisemia (kadar gula tubuh menurun secara drastis). Minum air putih adalah pilihan terbaik pada saat sahur.

Banyak orang yang masih menganggap enteng sembelit. Padahal, sembelit adalah salah satu faktor pemicu terjadinya kanker usus! Untuk mencegahnya, Anda harus menghindari makanan yang kandungan lemak dan gulanya tinggi, minum air putih minimal 8 gelas setiap hari, jangan suka menahan buang air besar, konsumsi makanan yang mengandung serat secukupnya dan mengonsumsi makanan anti-inflamasi.

  1. BAU MULUT

Bau mulut sering terjadi ketika kita sedang berpuasa dan memang sangat mengganggu bagi orang sekitar. Meskipun bau mulut orang puasa jauh lebih wangi (di hadapan Allah SWT) dari minyak kastrui, namun secara kasat mata, tentu sangat mengganggu dalam pergaulan, terutama saat kita mengobrol dan berbincang-bincang. Saat berpuasa produksi air liur dalam mulut dan saluran pencernaan berkurang sehingga menjadi lebih kering. Selain itu, bau mulut juga bisa disebabkan oleh penyakit sistemis seperti liver, lambung, saluran pernapasan serta ginjal akut. Bau mulut juga bisa disebabkan karena adanya penyakit gigi dan mulut, misalnya gigi berlubang, radang gusi, gingivitis karena karang gigi, dan periodontitis.   

Selain itu, dijelaskan oleh praktisi gaya hidup sehat dr. Phaidon L. Toruan, saat berpuasa otomatis kita kurang mengonsumsi karbohidrat dan cadangan makanan dalam tubuh berkurang. Karena kekurangan karbohidrat, tubuh akan membakar lemak sebagai energi. Sikat gigi dengan pasta gigi mengandung propolis. Berkumur dengan bantuan obat kumur bisa mencegah pelekatan glikoprotein saliva yang sudah ditumbuhi bakteri.

  1. GULA DARAH RENDAH

Lesu, pening, mudah lelah, konsentrasi buruk, mudah berkeringat, merasa goncang (tremor), tak dapat melakukan aktivitas fisik, sakit kepala, adalah gejala- gejala yang sering dijumpai pada penderita gula darah rendah. Untuk penderita yang bukan termasuk penderita diabetes, gejala ini disebabkan karena memiliki terlalu banyak gula, misalnya terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat saat sahur. Karena tubuh menghasilkan banyak insulin, dan membuat glukosa darah menurun, yang membuat tubuh lemas. Untuk Untuk mencegah hal ini kurangi makanan yang manis-manis saat sahur. Bagi penderita diabetes (kencing manis), dianjurkan berkonsultasi dengan dokter mereka untuk menjalani puasa. Kita bahkan bisa mengkonsumsi madu yang memiliki kadar glikogen.

  1. SAKIT KEPALA

Sakit kepala atau pening selalu dialami beberapa orang saat berpusa, karena mereka harus menghilangkan kebiasaan yang biasa dilakukan di siang hari, seperti merokok, minum kopi atau rutinitas kerjaan yang menuntut banyak tenaga, dan menahan rasa kantuk. Sakit kepala ini semakin parah jika dibarengi tekanan darah rendah, bahkan menyebabkan rasa mual sebelum waktu berbuka.

Untuk mencegah dan mengurangi rasa sakit kepala, stop konsumsi kopi dan merokok selama puasa. Untuk menghindari ngantuk disiang hari, atur kembali jadwal tidur selama bulan Ramadhan.  mencegah hal ini kurangi makanan yang manis-manis saat sahur.  Bagi penderita diabetes (kencing manis), dianjurkan berkonsultasi dengan dokter mereka untuk menjalani puasa. Kita bahkan bisa mengkonsumsi madu yang memiliki kadar glikogen bukan glukosa.

  1. TEKANAN DARAH RENDAH

Keringat yang berlebihan, rasa lemas, letih, lesu, tak ada energi, pusing terutama saat bangun dari posisi duduk, pucat, dan merasa ingin pingsan merupakan gejala- gejala yang umum dijumpai pada penderita tekanan darah rendah. Hal ini lebih sering terjadi pada siang hari.

Biasanya gangguan ini terjadi karena sedikitnya jumlah konsumsi cairan dan kurangnya konsumsi garam. Untuk mencegahnya cobalah mulai meningkatkan konsumsi cairan dan garam dengan jumlah melebihi yang biasa Anda konsumsi.

 

MENGAPA TUBUH PERLU SUPLEMEN?

Ketika menjalankan ibadah puasa, kesempatan untuk mengonsumsi makanan dan minuman hanya setelah berbuka puasa hingga saat makan sahur.  Banyak orang malahan disaat berbuka puasa, bukannya memperhatikan nutrisi saat makan, tapi apa yang enak saja.  Oleh karena itu, manfaatkanlah waktu tersebut untuk memberikan asupan nutrisi yang mencukupi bagi tubuh kita. Saat yang sangat tepat memberikan gizi yang maksimal saat berbuka puasa. Karena saat tersebut adalah saat dimana penyerapan tubuh sangatlah optimal. berikan sesuatu yang bermanfaat. Bukan hanya memuaskan organ yang 12 cm (baca: lidah) tetapi berikan yang terbaik untuk yang 12 meter (baca: usus).

Vitamin yang penting dikonsumsi setiap hari adalah vitamin A, B, dan C, yang diperoleh dengan mengonsumsi buah-buahan berwarna kuning atau merah, sayur berwarna hijau tua, kacang-kacangan. Anda juga bisa mengonsumsi makanan kesehatan berupa suplemen. Suplemen yang mengandung kadar vitamin, mineral, antioksidan yang tinggi akan membuat tubuh tetap bugar disaat puasa.

 

MENGAPA HARUS HDI?

Makanan universal bagi seluruh kehidupan umat di dunia adalah hasil dari perlebahan.      

Setiap tablet High-Desert Pollenergy 520 mengandung 520mg bee pollen yang sering disebut ‘roti lebah’, dikemas tanpa bahan pengawet, pewarna, pengharum ataupun bahan kimia lainnya. Selain meningkatkan daya tahan tubuh, suplemen alami High-Desert Pollenergy 520 juga dapat membangun sel-sel tubuh. Jadi, High-Desert Pollenergy 520 dapat membantu Anda untuk tetap aktif dan enerjik selama berpuasa.  HD Pollenergy 520 juga tidak berpengaruh negatif terhadap jantung karena berasal dari produk alami yang diproses secara ilmiah.

HDI Bee Propolis adalah suplemen kesehatan yang meningkatkan sistem pertahanan tubuh secara alami, tidak melemahkannya seperti yang dilakukan oleh obat antibiotik.  Kualitas produk tersebut dimungkinkan oleh kandungan bee propolis alami yang telah terbukti ilmiah mampu bekerja sebagai antibiotik alami, anti-oksidan kuat, dan antimikroba ampuh.

HDI Royal jelly, atau susu lebah, merupakan bahan makanan seluruh larva yang ada di koloni lebah, baik larva lebah pekerja maupun larva ratu lebah. Tetapi, setelah dewasa, lebah pekerja berhenti memakan royal jelly, sedangkan ratu lebah tetap mengonsumsinya.  Selama puasa, penderita tekanan darah rendah dan konsentrasi yang kurang bisa mengkonsumsi produk satu ini.  Selain itu Royal Jelly membantu menurunkan stress, kecemasan, depresi akibat kelelahan serta meningkatkan daya tahan tubuh selama puasa. 

Sederetan gangguan kesehatan lainnya seperti: gangguan paru-paru, tukak lambung, tekanan darah tinggi, sakit perut, sakit pinggang, infeksi kandung kemih, sakit gigi, kolesterol, pilek ringan maupun berat, dan sakit kepala dapat terbantu dengan mengonsumsi madu.  HD Clover Honey berasal dari bunga clover dinyatakan sebagai madu terbaik oleh peternak lebah di seluruh dunia. Madu HD Clover Honey dinyatakan sebagai sumber nutrisi yang paling baik disbanding dengan madu yang melalui proses pengambilan hingga pengemasan yang tidak alamiah. Tidak hanya sebagai sumber nutrisi, madu HD Clover Honey pun mengandung hidrogen peroksida yang menjadikan madu ini memiliki aktivitas antibakteri yang tinggi.  (Sebagai pengganti gula, tambahkan satu sendok teh HD Clover Honey pada segelas jus. Rasanya pun semakin nikmat)) 

Bagi yang mengalami masalah pencernaan, High-Desert Dynamic Trio+Enzymeminerals solusinya. DT+ Enzymeminerals merupakan formulasi unik yang secara khusus mengombinasikan berbagai jenis enzim pencernaan dan mineral dengan Dinamik Trio (bee pollen, propolis, dan royal jelly). DT + Enzymeminerals menyediakan enzim dan mineral yang tidak bisa dihasilkan sendiri oleh tubuh. Produk ini berfungsi membantu sistem pencernaan dan membantu mengeluarkan racun dalam sistem pencernaan. Selain itu, DT + Enzymeminerals juga berfungsi membantu metabolisme tubuh. Miliki sistem pencernaan sehat dengan pola hidup sehat dan DT + Enzymeminerals sehingga ritme hidup Anda tetap berjalan lancar tanpa rehat.

Perawatan kesehatan gigi dan mulut sangat penting terutama di bulan puasa. Di antara alat dan cara yang dapat membantu perawatan kesehatan gigi dan mulut adalah sikat gigi yang baik, pasta gigi yang tepat dan penggunaan obat kumur. HDI menyediakan produk-produk yang dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut, serta menghindarkan anda dari bau mulut, yaitu pasta gigi Polifrez, Propolis Tablet, Proliz Lozenges dan Bee Botanic Mouthwash.

Polifrez mempunyai perpaduan bahan-bahan alami yang unik, yaitu propolis dan tea tree oil. Ekstrak tea tree oil yang berasal dari tanaman Malaleuca Alternifolia yang tumbuh di benua Australia. Tanaman itu merupakan antiseptik alami yang membasmi bakteri, membantu mengatasi sariawan, radang pada tenggorokan dan rongga mulut, mencegah pembentukan plak, menghilangkan bau mulut, dan sangat baik untuk perawatan gigi yang sensitif.

Proliz atau Herbal Propolis Lozenges berbahan utama propolis yang dicampur dengan ekstrak akar licorice, isomalt, dan peppermint dapat digunakan untuk menyembuhkan sakit pada tenggorokan dan luka di rongga mulut. Proliz Lozenges telah diformulasikan secara khusus untuk melegakan sakit pada tenggorokan, menghentikan gejala batuk, melawan infeksi bakteri dan virus di rongga mulut, dan mencegah gigi berlubang. Isomalt sebagai pengganti gula sangat aman bagi penderita diabetes.

SEMOGA BERMANFAAT!!! 

 

Learn More

If you can think of anything we missed, let us know by sending your mail to :
careonline@breakthrough-generation.com
or
superb.breakthrough@gmail.com