Artikel

Home / Artikel

11.000 ORANG INDONESIA MENINGGAL Karena MALARIA tiap tahunnya

Malaria masih menyita perhatian dunia. Di Indonesia, 11.000 orang meninggal karena malaria setiap tahunnya berdasarkan data tahun 2011. Total kejadian kasus malaria sebanyak 256.592 kasus. Sebanyak 80% daerah di Indonesia dikategorikan dalam wilayah endemis dan 45% penduduk tinggal di wilayah endemis. Daerah-daerah yang berisiko ini adalah daerah-daerah timur seperti Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara dan Nusa Tenggara Timur. Daerah endemis ini ditargetkan bebas malaria pada tahun 2030.

"Meskipun kita telah menyaksikan kemajuan pengendalian malaria beberapa tahun belakangan, hampir 700.000 orang dari berbagai belahan dunia meninggal karena penyakit yang dapat dicegah dan diobati ini. Asia memiliki kasus terbanyak setelah Afrika. Indonesia menunjukkan pentingnya kepemimpinan politis, ketersediaan sumber daya dan kemitraan efektif dalam memberantas malaria," kata Herve Verhoosel, kepala hubungan luar RBM dalam jumpa pers Forum Nasional Gebrak Malaria di Hotel Aryaduta, Jakarta (13/4/2012).
.
Berdasarkan data lembaga kemitraan global pemberantasan malaria, Roll Back Malaria (RBM lembaga kemitraan global yang bertujuan memerangi wabah malaria di seluruh dunia), 91% kasus kematian akibat malaria terjadi di Afrika. 85% di antaranya menyebabkan kematian balita. Di Asia Tenggara, kematian akibat malaria menyumbang 4% dari total seluruh dunia. 

Learn More

If you can think of anything we missed, let us know by sending your mail to :
careonline@breakthrough-generation.com
or
superb.breakthrough@gmail.com