Artikel

Home / Artikel

NAFSU MAKAN PADA LANSIA MENURUN, MENGAPA?

Seseorang disebut berusia lanjut jika ia sudah berusia di atas 60 tahun. Pada sebagian besar orang, usia lanjut berarti kualitas hidup akan menurun dan hal ini tentunya berkesinambungan dengan masalah kesehatan yang akan dihadapi oleh para lansia, sehingga membutuhkan perhatian khusus.

Penurunan sebagian fungsi tubuh pada orang lanjut usia ikut menyebabkan turunnya nafsu makan mereka. Sayangnya, mereka juga kerap sulit disuruh makan dan bila hal ini terus dibiarkan, selain berakibat kekurangan gizi, penderita juga bisa mengalami malnutrisi dan mudah sakit.

Faktor yang biasanya menyebabkan lansia sulit mangasup makanan adalah adanya gangguan psikologi kognitif di otak, selain itu bisa juga karena terjadinya penurunan kemampuan saraf pengecap, sehingga sulit membedakan rasa. Untuk menyiasatinya, pemberian jenis makanan dan waktunya harus disesuaikan. Tidak bisa seperti orang kebanyakan yang pada umumnya makan dengan pola makan pagi, siang, dan malam, pada lansia mereka bisa makan kapan saja saat mereka lapar namun dengan porsi kecil.

Makanan yang diberikan sebaiknya harus yang lunak, banyak mengandung serat, ada kandungan karbohidrat komplek, protein tinggi dan lemak supaya tidak gampang lemas. Jumlah asupan makanan juga tidak perlu sebanyak orang dewasa karena orang di atas 60 tahun sudah mengalami penurunan fungsi tubuh. Demikian juga dengan kebutuhan cairan. Apabila orang normal membutuhkan cairan hingga 70%, pada lansia hanya membutuhkan sekitar 40%. Selain itu, memberikan vitamin pada lansia pada dasarnya tidak dilarang selama kebutuhan nutrisi lain cukup.

Perubahan beberapa panca indera pada lansia dapat mempengaruhi nafsu makan dan kemampuan pencernaan lansia, akibatnya mereka sulit mengunyah, menelan, dan mengalami diare atau mual.

Oleh sebab itu, kebutuhan nutrisi juga harus disesuaikan. Pilih makanan segar untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dan dibantu dengan suplemen sebagai pelengkap kebutuhan gizi. Perhatikan pula asupan cairannya, karena biasanya lansia sering malas minum, supaya nantinya tidak terjadi dehidrasi.

Bagi lansia yang mengalami penurunan berat badan atau nafsu makan berkepanjangan, sebaiknya beronsultasilah ke dokter. Barangkali ada penyakit atau kondisi lain yang menyebabkan hal tersebut.

GO BREAKTHROUGH

Learn More

If you can think of anything we missed, let us know by sending your mail to :
careonline@breakthrough-generation.com
or
superb.breakthrough@gmail.com