Artikel

Home / Artikel

MENOPAUSE DINI, OHH NO!

Seorang wanita yang mengalami menopause alamiah sama sekali tidak dapat mengetahui apakah saat menstruasi tertentu benar-benar merupakan menstruasinya yang terakhir sampai satu tahun berlalu. Menopause kadang-kadang disebut sebagai perubahan. Menopause adalah berhentinya secara fisiologis siklus mentruasi yang berkaitan dengan tingkat lanjut usia perempuan.

TANDA dan GEJALA MENOPAUSE adalah

1. Perubahan siklus haid. Salah satu tanda umum yang seringkali dialami adalah perubahan pada siklus menstruasi, di mana siklus haid menjadi lebih panjang atau lama.  Hal ini merupakan gejala dari kerusakan dan semakin berkurangnya kemampuan indung telur untuk memproduksi sel telur.

2. Perubahan bentuk tubuh. Perubahan pada massa otot saat memasuki masa menopause menyebabkan perubahan pada bentuk tubuh perempuan. Selain perubahan bentuk tubuh, sebagian besar perempuan juga mengalami keluhan pada kesehatan tulang dan sendi.

3. Hot flushes, atau rasa panas pada tubuh. Rasa panas ini dialami secara tiba-tiba dimulai dari bagian atas tubuh dan berlangsung sekitar beberapa detik, namun ada juga yang terjadi hingga beberapa menit, biasanya diikuti dengan keluarnya keringat dan jantung berdebar lebih cepat. Gejala ini terjadi akibat perubahan hormonal di dalam tubuh.

4. Masalah seksual. Memasuki masa menopause, perempuan mengalami perubahan pandangan dan minat akan aktifitas seksual. Beberapa perempuan mungkin mengalami peningkatan minat, namun gangguan di area genital seperti berkurangnya hingga terhentinya produksi cairan pelumas membuat aktifitas berhubungan menjadi kurang menyenangkan, bahkan dapat menimbulkan rasa sakit.

5. Gangguan pola tidur. Memasuki masa menopause, banyak wanita mengalami gangguan pada pola tidur, ada yang merasa lebih sulit untuk dapat tertidur, dan ada yang sering terbangun pada malam hari lalu kemudian merasa sulit untuk dapat melanjutkan tidur.

Menopause, merupakan sebuah masa yang secara pasti akan dialami oleh setiap perempuan, dengan mengenal pengertian, tanda, dan gejala menopause di atas diharapkan Anda dapat lebih mempersiapkan diri memasuki masa menopause. Bagaimana jika memasuki masa menopause dengan sangat nyaman dan tidak harus mengalami gejala seperti di atas. Tentunya dengan aktifitas yang cukup, pikiran yang positif, olah raga yang cukup serta menghindari konsumsi makanan dan minuman yang tidak sehat. Konsumsi sesuatu yang berasal dari alamlah yang akan membuat tubuh menjadi sehat dan siap memasuki masa menopause yang bahagia. Contohnya dengan konsumsi madu akan menyeimbangkan cairan dalam tubuh dan memberi kelengkapan nutrisi.

Bagimana dengan menopause dini? Menopause dini biasanya terjadi pada usia dibawah 45 tahun, bahkan kadang juga bisa terjadi di usia 30 tahun kebawah. Namun kasus ini sangat jarang terjadi. Meskipun terjadi lebih awal, menopause dini memiliki efek yang sama seperti menopause pada lanjut usia. Efek yang ditimbulkan antara lain adalah

  1. Gangguan emosi seperti perubahan mood dan depresi
  2. Kulit, mata, dan mulut terasa kering
  3. Vagina terasa lebih tipis dan kurang fleksibel
  4. Menurunnya libido
  5. Mudah lelah
  6. Tidak dapat memiliki keturunan
  7. Lebih rentan terhadap penyakit jantung dan stroke

Menopause dini dapat disebabkan oleh intervensi medis, seperti kemoterapi, operasi pengangkatan ovarium, dan operasi pengangkatan uterus. Menopause dini juga dapat disebabkan oleh suatu kondisi:

  • Hanya memiliki satu kromosom X (sindrom turner) sehingga ovarium tidak terbentuk sempurna dan menyebabkan menopause dini.
  • Faktor keturunan dengan riwayat keluarga yang mengalami menopause dini.
  • Kondisi autoimun dapat menyerang ovarium sehingga menghambat produksi hormon.

Setelah mengalami menopause, perempuan akan lebih rentan terhadap berbagai penyakit degeneratif, dan pola hidup sehat akan membantu meringankan efek setelah menopause. Berikut beberapa upaya yang dapat meningkatkan kualitas hidup seorang perempuan yang sudah mengalami menopause:

  • Jalani aktivitas fisik dan pola makan seimbang untuk kesehatan tulang dan jantung.
  • Cukupi kebutuhan kalsium dan vitamin D agar terhindar dari osteoporosis. Kalsium yang dibutuhkan setelah menopause sekitar 1200mg per hari.
  • Hindari asap rokok dan jika Anda merokok, berhentilah merokok.

Untuk mencegah terjadinya menopause dini perhatikan gaya hidup anda. Mulailah hidup sehat dan bugar dengan istirahat cukup, pikiran yang lebih tenang serta perhatikan konsumsi makanan dan minuman. Hindari makanan yang mengandung banyak bahan kimia seperti pengawet, pewarna, perasa dll. Perbanyaklah konsumsi yang alamiah seperti Clover Honey, Royal Jelly yang akan memperbaiki sistem hormonal anda dari dalam dan Bee Propolis untuk meningkatkan daya tahan tubuh anda.

GO BREAKTHROUGH

Learn More

If you can think of anything we missed, let us know by sending your mail to :
careonline@breakthrough-generation.com
or
superb.breakthrough@gmail.com