Be Smart

Home / Be Smart

DAYA TAHAN SAJA TIDAK CUKUP ATASI FLU!!!

Daya tahan tubuh saja tidak cukup untuk menghindari kita dari paparan virus flu. Kita perlu membiasakan cara-cara antisipasi untuk mencegah diri terkena flu. Tak hanya itu, mengonsumsi makanan sehat dan berbagai hal berikut ini juga tak kalah penting.

KELUARGA MUDAH TERJANGKIT

Flu atau influenza disebabkan oleh virus yang menyerang sistem pernapasan. Virus masuk ke dalam tubuh makhluk hidup kemudian menggunakannya sebagai tempat untuk berkembang biak.

Virus ditularkan ke orang lain melalui butiran cairan dari liur atau lendir yang dikeluarkan saat seseorang batuk, bersin, atau berbicara. Virus segera menyebar bersamaan dengan cairan yang dikeluarkan sehingga penyebaran flu sangat mudah. Itulah kenapa jika ada salah satu anggota keluarga terkena flu, maka yang lain mudah sekali tertular.

Saat Anda bersin, tangan apa yang biasa anda gunakan untuk menutup hidung dan mulut? KIRI atau KANAN? 

Masih banyak orang yang belum menyadari bahwa saat-saat akan bersin, secara refleks akan menutup mulut dengan menggunakan kedua telapak tangan. Hati-hati! Saat bersin, virus dan juga kuman akan mengendap di tangan dan bertahan selama 30 menit dan tanpa disadari akan menyebar saat kita menyentuh meja, telepon genggam, gagang pintu, hingga kembali menyentuh hidung dan mulut. 

Bersin memang merupakan sebuah hal yang wajar bagi manusia mana pun. “Ketika kita berada pada sebuah keramaian,di kantor, atau sekolah, tentunya kita harus bersikap yang benar agar bersin tidak menyebarkan penyakit lewat butir-butir air yang sudah terinfeksi," kata Philip Tierno MJr MD, profesor mikrobiologi dan patologi di NYU School of Medicine. Dia menyarankan siapa pun yang sedang bersin harus segera menutupinya dengan bagian siku, lengan, atau ditutup dengan pakaian yang dipakai. 

Tidak hanya itu, ada baiknya Anda juga menyiapkan tisu bersih untuk menutup bersin. Jangan lupa untuk membuang tisu tadi ke tempat sampah dan cuci segera tangan Anda. Virus yang menempel setelah bersin dapat bertahan hidup selama dua hari. Untuk itu, jangan lupa secara rutin membersihkan setiap bagian tubuh Anda. 

“Ketika Anda sedang bersin, sebaiknya jangan ditahan, karena tubuh akan mengeluarkan partikel, seperti debu, yang masuk pada saluran napas. Hal ini untuk mencegah partikel tersebut masuk pada organ pendengaran, ke dalam mata atau otak, bahkan mencegah terjadinya pembekuan pembuluh darah," kata dr Jonathan Moss dari Charlotte Eye, Ear, Nose, & Throat Associates. 

 

BIASAKAN MENCUCI TANGAN

Mencegah lebih baik dari pada mengobati, ini berlaku untuk penyakit flu. Terlebih lagi, jika Anda memiliki anak-anak. Melindungi diri Anda agar tidak tertular flu dapat menjadi cara agar keluarga Anda tidak mengalami tertular flu.

Satu cara agar virus flu tidak masuk ke dalam tubuh adalah dengan mencuci tangan secara benar. Tangan merupakan salah satu jalan masuk virus ke dalam tubuh. Jadi, rajinlah cuci tangan sehabis Anda naik bus, selesai menggunakan toilet, sebelum makan, atau pada kesempatan lain saat Anda merasa tangan Anda tidak bersih.

       

MAKANAN SEHAT DAN ISTIRAHAT CUKUP

Anda dapat menghindari terkena flu jika Anda memiliki ketahanan tubuh yang kuat. Cara untuk memperkuat ketahanan tubuh terhadap virus adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi, terutama buah-buahan dan sayuran segar yang mengandung vitamin C dan polifenol. Perlu diketahui bahwa antioksidan terbaik adalah antioksidan premium yang terdapat pada produk perlebahan.

      Istirahat atau tidur cukup setiap hari dapat memperkuat ketahanan tubuh Anda. Anda juga dapat mencegah agar daya tahan tubuh tidak melemah. Salah satu penyebab melemahnya system imun tubuh adalah stress. Untuk itu perlu menghindari stress. Kurang tidur juga dapat menyebabkan berkurangnya daya tahan tubuh, maka penting agar Anda tidur cukup setiap malam. Tidur juga dapat membantu menghilangkan stress.

Yang tidak kalah pentingnya adalah dengan berolahraga secara teratur. Pastikan olah raga yang sesuai dengan kapasitas dan umur Anda. 

SEHAT ITU MURAH, MUDAH DAN MEMBAHAGIAKAN

Learn More

If you can think of anything we missed, let us know by sending your mail to :
careonline@breakthrough-generation.com
or
superb.breakthrough@gmail.com