Be Smart

Home / Be Smart

GOTCHA! GILA MEMANG GILA...POKEMON GO!

GOTCHA! Berhasil menangkap Binatang (Baca Monster Poket). Pokemon Go, game buatan Niantic dengan Pokemon Company dan Nintendo, baru dirilis pada 6 Juli lalu di wilayah Australia dan Selandia Baru, disusul di AS keesokan harinya. Game ini dirilis di dua platform mobile terpopuler saat ini secara gratis, yakni iOS dan Android.

Pokemon yang pertama kali Populer tahun 90-an ketika Nitendo Game Boy muncul.  Dan di akhir tahun 90 an, marak juga kartu bergambar Pokemon. Setelah itu Pokemon “Mati Suri”. Tapi sejak peluncuran game Pokemon Go pekan lalu, harga saham Nintendo terus meroket. Setelah naik 9,3% pada awal-awal peluncuran, harga saham perusahaan hari ini kembali melonjak hingga 24,52% atau sebesar 20.260 yen (USD193/Rp2,5 juta) - lonjakan tertinggi dalam satu hari sejak 1983. Dilansir dari The Verge, Senin (11/7/2016), raihan ini membuat nilai perusahaan ditaksir tembus USD7,5 miliar (Rp98 triliun). 

Belum pernah ada game VIRTUAL REALITY seperti POKEMON GO yang membuat para pemain berlomba-lomba berlari keluar rumah, bepergian ke lokasi tertentu, dan menangkap monster, yang kebanyakan lucu dan imut. Ya, dunia saat ini sedang keranjingan sebuah game baru bernama Pokemon Go

Dapat teman baru, menjadi rajin bersepeda, mengetahui tempat-tempat unik, bahkan ada yang menemukan sapi hilang yang sudah berhari-hari dicari. Sekalian mencari pokemon sekalian berolah raga sehingga badan menjadi lebih sehat.

Para Youtuber yang mencari penghasilan dari mengunggah teknik permainan games lainnya atau informasi lainnya langsung banting setir memainkan dan mengunggah teknik permainan baru POKEMON GO. Mereka sibuk mendulang dollar dengan meningkatnya viewers (baca pengikut).

Peluang bisnis transportasi yang menawarkan hunting Pokemon. Tidak sedikit juga joki-joki profesional yang menawarkan jasanya. Terciptalah peluang baru yang sebelumnya belum pernah ada.
 

Namun tidak sedikit juga fakta lain yang cukup menyedihkan termasuk. Kecelakaan karena mencari Pokemon, dipecat dari pekerjaan, banyak tugas yang terabaikan, kesehatan mental jadi dipertanyakan karena kemana-mana nunduk dan mencari sesuatu yang tidak kelihatan secara kasat mata. Ada juga yang terjatuh ke jurang, Karena pemain harus tetap konsentrasi menatap layar sehingga ia kesulitan membagi konsentrasi ketika sedang berjalan, mengemudi, bekerja, dan lain lain. Bahayakan jadinya?

Permainan GPS-based yang mengharuskan pemain mengaktifkan geolokasi. Itu dapat berbahaya jika lokasi terbaca karena sejarah migrasi (perpindahan) itu terekam dan informasi itu jatuh ke orang jahat bisa digunakan untuk memolakan aktivitas sehari-hari pemain. 

Selain itu ada juga dampak negatif secara sosial yang berpotensi timbul. Bukan tidak mungkin permainan ini bisa memicu keributan dengan pemain lain gara-gara memperebutkan “sesuatu” (item dan pokemon). 

Selalu ada kemungkinan yang tersinggung lalu menyerang di dunia maya dan membuat seseorang bisa dilaporkan dengan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Masalah ini akan menambah deretan panjang jumlah netizen terjerat UU ITE yang kini jumlahnya sudah mencapai 180 korban. 

Apapun yang terjadi di dalam kehidupan ini selalu bisa dipandang dari dua sisi yang berbeda. Seperti layaknya koin uang, jika dipandang dari sisi depan gambar burung atau bendera atau lambang negara. Jika dipandang dari sisi lainnya gambar angka. Beberapa orang melihat itu koin burung. Beberapa orang melihat itu koin gambar angka/nilainya. Menurut Anda itu koin gambar apa yah?

Games yang sudah merubah dunia dalam waktu singkat ini, berdampak sangat luar biasa. Mengapa keberadaan POKEMON GO justru menimbulkan kecaman? YES karena mereka memainkan POKEMON GO tidak tahu tempat dan tidak tahu waktu sampai mengesampingkan hal yang “Penting” untuk hidupnya guna mengejar sesuatu yang “tidak penting”.

Justru melalui banyak pembelajaran kehidupan, setiap orang bisa bertumbuh secara mental, emosional, kreatifitas, kebijaksanaan. Bagaimana jika kita menyikapi POKEMON GO sebagai:

  1. Terobosan baru setelah mati suri. Banyak orang yang selalu mengatakan saya dulunya adalah seorang juara, saya dulunya seorang pemimpin. Orang-orang ini adalah orang yang hidup di masa lampau sehingga mereka cukup puas dengan masa lampaunya. Hai…ayo bangun!!! Hehehe..jika Anda pernah membuat prestasi (baca:kejutan/kebanggaan) ayo ULANGI SEKALI LAGI seperti ide POKEMON GO! Mereka pernah Berjaya dan sekarang Berjaya kembali. Kalau mereka bisa, Anda juga bisa!
  2. Ide WOW yang belum pernah ada sebelumnya. Selalu ada sesuatu yang baru yang bisa membuat cinta mula-mula timbul kembali. Cara dan gaya baru haruslah dicari dan ditemukan dalam berbisnis, berelasi, berkomunikasi, dll. Apakah itu? Harus dicari dan ditemukan!
  3. Kalaupun ada yang mengatakan “GILA” buktinya memang orang-orang berhasil adalah orang-orang yang berbuat dengan cara-cara yang “EXTRA GILA”. Apakah yang kita lakukan hanya rata-rata seperti yang dilakukan orang lain? Jika iya, nikmati saja perjalanan yang kurang seru. Perjalanan yang mungkin aman dan nyaman tetapi tidaklah demikian untuk orang yang ingin melakukan perubahan dalam hidupnya.
  4. Kehadiran GAMES baru ini membuat ada banyak berbagai pihak yang diuntungkan seperti Resto atau Kedai yang dipakai sebagai Poke stop, bisnis transportasi, penggunaan data yang semakin meningkat. Maksud penulis adalah keberadaanya bukan hanya membuat para pemainnya saja yang merasa happy tetapi ada banyak pihak yang juga happy. Jika diringkas dalam sebuat kata yaitu multi-manfaat.
  5. Dll.

 

Daripada menentang, berkomentar dan berkontroversi bagaimana jika melihat segala sesuatunya dari sisi yang berbeda, positif, membuat nyaman dan menciptakan keberasilan? Saran "Hidup seimbang. Main boleh tapi jangan selalu menyalakan augmented reality ketika berada di jalanan. Ingat, waktu  hunting, jangan sampai menyusahkan diri sendiri dan orang lain. Have a fun and get the benefit from what you play. GO BREAKTHROUGH

Learn More

If you can think of anything we missed, let us know by sending your mail to :
careonline@breakthrough-generation.com
or
superb.breakthrough@gmail.com