Be Smart

Home / Be Smart

MIMS: KONSUMEN CERDAS SELALU MENCARI TAHU OBAT YANG DIKONSUMSINYA

Apakah orang awam perlu memiliki pengetahuan mengenai obat-obatan? Bukankah ilmu obat itu memang wilayah tenaga kesehatan? Tentu saja konsumen tidak perlu tahu urusan obat seperti mahasiswa jurusan kedokteran atau farmasi. Yang perlu diketahui adalah pengetahuan dasar apa yang mereka minum.
 
Tiap tahun ribuan produk baru membanjiri pasar, sementara kita sebagai konsumen tidak mengetahui apa-apa mengenai produk-produk ini. Kita mempercayakan urusan obat sepenuhnya kepada petugas kesehatan. Saat kita pulang dari dokter dan apotek, kita membawa satu kresek obat yang kita tidak tahu apa isinya dan bagaimana efeknya terhadap tubuh. Padahal, sebagai konsumen kita mestinya punya pengetahuan mengenai apa yang kita bayar dan kita konsumsi.

MIMS sebagai Indeks obat berkala sudah tepat menjadi sumber pustaka ilmu pemberian Obat. MIMS merupakan akronim dari Monthly Index of Medical Specialities. MIMS adalah panduan referensi resep farmasi yang pertama kali diterbitkan di Inggris tahun 1959 dan berlanjut hingga saat ini. Panduan yang dimaksud berisi tentang informasi merk dan generik obat di Formularium suatu negara, termasuk Indonesia. Hal ini ditujukan untuk para Profesional Kesehatan, antara lain Dokter spesialis, Dokter Umum, Apoteker, Perawat, Bidan.

MIMS dicetak secara print-out berkala. Di Indonesia, diterbitkan setiap 4 bulan (MIMS Edisi), ada yang setiap tahun (MIMS Annual), dan ada MIMS edisi Khusus (MIMS Special Edition). Setiap edisi baru dari MIMS, menampilkan sekitar 200 perubahan pada monograp obat, termasuk penambahan produk baru dan penghentian produk suatu obat. Monograp dari suatu obat yang ditampilkan dalam MIMS utamanya untuk informasi keselamatan yang penting (kontraindikasi, peringatan, interaksi, dan efek samping obat) dan rincian bahan aktif, presentasi, harga,indikasi, dosis dan produsen. Entri informasi obat dilakukan secara independen oleh pakar TIM editorial MIMS berdasarkan ikhtisar karakteristik produk obat tersebut. MIMS juga memuat tabel perbandingan obat, ringkasan panduan klinis suatu penyakit. Meskipun MIMS juga berfungsi sebagai media iklan medis, konten editorialnya tetap tidak dipengaruhi oleh perusahaan farmasi dan produk yang ditampilkan termasuk dalam kebijaksanaan editor.

Buku MIMS memuat :
1. Nama Obat, Nama generiknya, Komposisi yang dikandung obat.
2. Indikasi, atau kegunaan obat.
3. Dosis, takaran yang disarankan.
4. Aturan pakai dan cara minum obat.
5. Kontra indikasi.
6. Pasien yang harus diwaspadai.
7. Efek samping.
8. bentuk nya, tablet kapsul, atau syrup.
9. Jumlah isi perkemasan dan Harga per kemasan pabrik (sebelum ppn).

MIMS juga memuat produk suplemen. Produk suplemen dari HDI yang telah dimuat di MIMS adalah:

Semoga Info ini semakin membuat setiap konsumen menjadi konsumen cerdas dan berusaha tahu apa yang masuk ke dalam tubuhnya. Ayo bagikan informasi ini!

GO BREAKTHROUGH

Learn More

If you can think of anything we missed, let us know by sending your mail to :
careonline@breakthrough-generation.com
or
superb.breakthrough@gmail.com