Be Smart

Home / Be Smart

RAHASIA MENCAPAI USIA 100 TAHUN, MAU?

Menjadi hal yang luar biasa ketika seseorang masih segar bugar meski usianya sudah melampaui usia harapan hidup di sebuah negara. Hal inilah yang terjadi pada orang lanjut usia (lansia) di Spanyol.

Menurut data statistik The Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD), terdapat lebih dari 100 ribu orang berusia 100 tahun atau lebih di Spanyol. Padahal, usia harapan hidup di Spanyol 83,2 tahun, sedikit lebih rendah dibanding usia harapan hidup di Jepang yakni 83,4 tahun. Apa saja ya 'resep' panjang umur para lansia di Spanyol hingga mereka tetap segar bugar di usianya yang sudah menginjak seabad? Simak penuturan mereka seperti dilansir Reuters berikut ini

1. KONSUMSI SATU SENDOK MADU TIAP HARI

Wanita bernama Rafaela Pons yang berasal dari pulau Balearic ini usianya 102 tahun. Selama ini, Pons hidup seorang diri tapi putrinya masih rutin mengunjungi dia.

Wanita yang jadi pendukung setia klub sepak bola Real Madrid ini mengklaim konsumsi satu sendok madu per hari jadi resep panjang umurnya.

 

 

2. MAIN PIANO

Main piano bisa jadi kegiatan yang mengasyikkan untuk beberapa orang. Nah, pria bernama Pedro Rodriguez salah satunya. Bahkan, pria yang kini berusia 106 tahun itu menyebut hobinya main pianolah yang membantunya panjang umur.

Setiap hari, Pedro rutin bermain piano di ruang tamu flat-nya yang ia tempati dengan istrinya yang usianya 20 tahun lebih muda. Sehari-hari, anak-anak Pedro juga sering mengunjunginya.

"Hobi saya ini jadi sesuatu yang membuat saya merasa tetap muda dan sehat. Saat kecil, saya diajari bermain piano oleh para biarawati," tutur Pedro.

 

3. MAKAN GAZPACHO
Maria Josefa Guillen adalah nenek 103 tahun yang tinggal di Cazalla de la Sierra, Seville, Spanyol Selatan. Sehari-hari, Maria tinggal dengan anaknya yang menyandang disabilitas.

Agar tetap bugar di usianya yang seabad lebih, Maria mengatakan makan gazpacho jadi salah satu rahasianya. Gazpacho merupakan sup tradisional Spanyol yang dibuat dari tomat dan timun. Nutrisi yang terkandung dalam gazpacho diyakini Maria ampuh membuatnya tetap bugar.

Meskipun, untuk berjalan Maria harus menggunakan tongkat guna membantunya. Saat ini, Maria bekerja sebagai penjahit. Bahkan, ia sudah mulai belajar menjahit sejak usia 12 tahun.

 

4. BACA BUKU DAN TUNJUKKAN PERFORMA

Usia Maximino San Miguel 102 tahun. Pria yang tinggal di Leon ini aktif mengikuti pertunjukan drama amatir sejak berusia 80 tahun. Tapi, menurut Miguel hal itulah yang membuatnya tetap awet muda dan sehat.

"Saya tidak sekolah karena dulu saya jadi anak gembala. Saya juga suka membaca buku. Nah, hobi saya membaca serta mementaskan drama itulah yang membuat saya tetap sehat," katanya.

 

5. PERCAYA PADA DIRI SENDIRI

Lucia Manzano (100) tinggal di rumah jompo di Avila, dekat Madrid. Ia mengisahkan, dirinya pernah menggunakan kostum warna-warni ketika pihak berwenang mendatangi desanya. Kostum itu ia gunakan sebagai bentuk ejekan terhadap kediktatoran Francisco Franco kala itu.

"Setelah melewati itu semua, saya percaya bahwa kekuatan kita, kepercayaan kita pada diri sendiri adalah sebuah keyakinan yang bisa membuat kita tetap hidup. Hal penting dalam hidup ini adalah tetap setia pada diri sendiri," tuturnya.

Ya, walaupun saat ini Lucia haris menggunakan kursi roda untuk mobilisasinya, tapi kondisi kesehatannya cukup bugar.

Panjang umur haruslah disertai dengan kualitas kesehatan yang baik. Jika panjang umur tapi sakit-sakitan malah membuat hidup menjadi menderita. Bagaimana menurut Anda? (Sumber dari Health detik.com)

Learn More

If you can think of anything we missed, let us know by sending your mail to :
careonline@breakthrough-generation.com
or
superb.breakthrough@gmail.com