Be Smart

Home / Be Smart

MEMPERBAIKI SELERA MAKAN ANAK

Selama masa pertumbuhan, anak-anak usia 4 hingga 10 tahun membutuhkan nutrisi dalam jumlah yang cukup untuk menyempurnakan pertumbuhan dan perkembangan tubuhnya. Makanan yang bergizi merupakan kunci penting agar tumbuh kembang otak dan tubuh anak berlangsung sempurna, tapi bagi sebagian orang tua hal ini sering kali tidak mudah.

Keluhan anak yang sulit makan sering diutarakan oleh para orangtua kepada dokter yang merawat anaknya. Ada banyak faktor yang menyebabkan seorang anak tidak mau makan.

Sulit makan pada anak disebabkan oleh faktor fisik dan psikis. Faktor-faktor fisik yang menyebabkan anak sulit makan terjadi ketika sistem pencernaan anak tengah mengalami proses perkembangan, pertumbuhan gigi. Penyebab lain anak susah makan adalah saat mereka terserang flu, batuk, radang tenggorokan, diare, atau infeksi pada saluran pencernaan.

Sementara dari segi psikis antara lain hilangnya nafsu makan, trauma pada makanan tersebut, paksaan orang tua, dan kurang perhatian dari orang tua. Faktor lain meliputi penyajian makanan yang kurang menarik, menu yang monoton, atau cara pemberian makanan yang kurang tepat. Ada beberapa kiat yang dapat dilakukan orang tua untuk meningkatkan selera makan anak-anak. Jika keluhan disebabkan oleh faktor fisik, yang pertama dapat dilakukan adalah mengatasi gangguan fisik tersebut. Untuk menimbulkan selera makan anak, cobalah berkreasi dengan cara penyajian atau menu makanan yang variatif. Bangun suasana yang menyenangkan saat memberi makan, jangan membuat anak merasa terpaksa untuk makan.

Pemaksaan salah satu jenis makanan yang kurang disukai dapat mengakibatkan trauma pada anak. Jika anak trauma pada jenis makanan tertentu, hilangkan traumanya dengan mengganti makanannya untuk sementara waktu.

Orang tua atau dokter sering memberikan vitamin tertentu jika anak sulit makan. Hal ini bertujuan untuk mengganti asupan gizi yang kurang pada saat anak kurang makan. Pastikan bahwa vitamin atau nutrisi dalam bentuk suplemen yang diberikan berisi nutrisi yang bisa memenuhi kebutuhannya. Serta carilah alternatif caranya agar anak anda memiliki selera makan yang baik untuk menunjang tumbuh kembangnya. 

BE SMART!

BACA ARTIKEL: APAKAH ANAK ANDA SEHAT

Learn More

If you can think of anything we missed, let us know by sending your mail to :
careonline@breakthrough-generation.com
or
superb.breakthrough@gmail.com