Be Smart

Home / Be Smart

BPOM GREBEK PABRIK KOSMETIK ILEGAL, BANYAK MERK TERKENAL IKUT DIPALSUKAN

Jakarta - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menggerebek empat fasilitas diduga tempat produksi kosmetik palsu dan ilegal. Di antara berbagai jenis kosmetik yang dipalsukan terdapat beberapa merk terkenal.
"Kemasan seolah import, menandakan produk seolah-seolah (produksi sendiri) padahal itu pabriknya ada di Filipina. Terus ada seperti Pond's White Beauty itu dikemas ulang. Itu mungkin saja beli di mana terus dikemas ulang lalu, dicampur apa. Dioplos lah," ungkap Deputi Bidang Penindakan BPOM Hendri Siswadi, SH, di lokasi penggerebekan, Jakarta Barat, Jumat (25/1/2019).

Selain produk yang disebutkan sebelumnya, ada juga yang mengatasnamakan merk ternama seperti Wak Doyok yang dikenal selama ini untuk menumbuhkan jenggot, ada juga Citra White Beauty, atau sabun cuci muka RDL. Kerugian ditaksir mencapai Rp 30 miliar.

BPOM sudah melakukan pengawasan untuk produk-produk yang membawa nama dengan merk terkenal di pasaran ini sejak tahun lalu. Ditambah lagi, BPOM juga mendapatkan pengakuan dari sejumlah pemilik merk yang asli bahwa produk mereka diduga dipalsukan oleh pihak lain.

"Terus kita melakukan pengawasan ke lapangan, dapat kita informasi bahwa betul ada produk ilegal palsu, ada betul. Mulai dari Oktober kami melihat, kembangkan informasi tersebut dan pada tanggal 23 kemarin kita bisa mengidentifikasi tempat-tempatnya," ungkap Hendri.

Karena itu Hendri menegaskan BPOM tidak hanya berpangku tangan menunggu laporan dari masyarakat, pihaknya juga selalu aktif melakukan pengecekan baik secara langsung sampai menelusur jejak online.

"BPOM bukan hanya tidur, kami ada deputi penindakan. Ada juga direktur intelenjen, kita dari BIN lho. Ini bergerak-gerak teman-teman ini," tandasnya.


INGIN TAU KOSMETIK YANG AMAN DAN TERBAIK ITU SEPERTI APA?? Klik di sini!!
(Sumber :  https://health.detik.com)

 

Learn More

If you can think of anything we missed, let us know by sending your mail to :
careonline@breakthrough-generation.com
or
superb.breakthrough@gmail.com