Be Smart

Home / Be Smart

INI BAHAYA ISI ULANG BOTOL MINUM SEKALI PAKAI!

 

 

 

Mengisi ulang botol minum kemasan terkesan hemat, padahal sebenarnya botol ini didesain hanya digunakan untuk sekali pakai. Menggunakannya berulang kali ternyata membawa risiko kesehatan. Biasanya botol minum plastik sekali pakai terbuat dari bahan plastik PET atau PETE (Polyethylene Terephthalate). Meski jelas diberi label sekali pakai, tapi tidak sedikit orang yang menggunakan botol PET ini berulang kali, baik karena mengabaikannya, atau bahkan tidak mengetahui makna dari keterangan yang umumnya tertera pada dasar botol tersebut.

 

 

 

Memperhatikan Bahan Yang Digunakan Botol Plastik

Setiap botol plastik terbuat dari bahan yang berbeda, serta tujuan penggunaan yang berbeda pula. Anda dapat membedakannya dengan memperhatikan angka pada bagian bawah botol. Biasanya akan ada logo segitiga berpanah dengan kode angka 1 hingga 7 di dalamnya. Selain itu ada pula kode huruf di bawah segitiga tersebut, yaitu PET atau PETE, HDPE, PVC, LDPE, PP, PS, dan OTHER. Itu merupakan kode bahan baku plastik yang digunakan.

Risiko Kesehatan Mengisi Ulang Botol Sekali Pakai

Pikir-pikir kembali jika ingin mengisi ulang botol air minum sekali pakai, karena beberapa risiko berikut dapat membahayakan kesehatan Anda :

  • Perkembangan Bakteri
    Mengisi ulang air minum pada kemasan botol sekali pakai dapat menyebabkan kontaminasi pada air. Ini dapat terjadi akibat bakteri atau jamur yang mungkin berkembang begitu botol dibuka. Bakteri ini dapat berasal dari tangan, mulut, atau apapun yang bersentuhan dengan botol.
  • Perpindahan Bahan Kimia
    Bahan kimia yang digunakan dalam pembuatan plastik, seperti monomer dapat berpindah ke air di botol dalam jangka waktu tertentu dan juga akibat paparan panas. Logam berat yang digunakan dalam pembuatan botol PET, yaitu antimony juga dapat berpindah dari botol ke dalam air meski dalam kadar kecil. Risiko perpindahan akan meningkat jika botol digunakan untuk menyimpan bahan lain, seperti minyak goreng.
  • Perubahan Rasa, Bau, Dan Warna Air
    Paparan panas pada botol yang menyebabkan migrasi bahan kimia dapat menyebabkan perubahan rasa, bau, dan warna air. Mengingat tidak sedikit risiko yang dapat membahayakan kesehatan dari mengisi ulang botol minum sekali pakai, sebaiknya hindari hal tersebut mulai dari sekarang. Dan jangan lupa, cek keterangan plastik yang tertera pada kemasan, ya!’

HOW HDI HELPS

 

HDI Pure FTEC-1. Karena alat pemurni air ini mampu menghilangkan bakteri secara efektif 100%. Selain itu, membran serat Filartech™ nya juga dapat menyaring karat dan mikroorganisme, tanpa menghilangkan kandungan kalsium, magnesium, dan mineral lain.

Learn More

If you can think of anything we missed, let us know by sending your mail to :
careonline@breakthrough-generation.com
or
superb.breakthrough@gmail.com