Penyakit

Home / Penyakit

GONDONG (MUMPS)

Gondong merupakan penyakit menular yang sering terjadi pada anak-anak dan remaja di antara umur lima hingga lima belas tahun, namun jarang terjadi pada bayi. Kebanyakan orang terjangkiti oleh gondong hanya sekali dalam seumur hidupnya, namun kemungkinan tetap ada, yaitu sekitar 10 persen. Penyakit Gondong atau dalam dunia kedokteran dikenal sebagai parotitis atau Mumps adalah suatu penyakit menular dimana sesorang terinfeksi oleh virus (Paramyxovirus) yang menyerang kelenjar ludah (kelenjar parotis) di antara telinga dan rahang sehingga menyebabkan pembengkakan pada leher bagian atas atau pipi bagian bawah.

PENYEBAB DAN PENULARAN
Penyakit ini disebabkan oleh virus Mumps yaitu virus berjenis RNA virus yang merupakan anggota famii Paramyxoviridae dan genus Paramyxovirus. Terdapat dua permukaan glikoprotein yang terdiri dari hemagglutinin-neuraminidase dan fusion protein. Virus Mumps sensitive terhadap panas dan sinar ultraviolet.
Penyakit Gondong (Mumps atau Parotitis) penyebaran virus dapat ditularkan melalui kontak langsung, percikan ludah, bahan muntah, mungkin dengan urin. Virus dapat ditemukan dalam urin dari hari pertama sampai hari keempat belas setelah terjadi pembesaran kelenjar. Penyakit gondongan sangat jarang ditemukan pada anak yang berumur kurang dari 2 tahun, hal tersebut karena umumnya mereka masih memiliki atau dilindungi oleh antibodi yang baik. Seseorang yang pernah menderita penyakit gondongan, maka dia akan memiliki kekebalan seumur hidupnya.Penderita penyakit gondong masih dinyatakan dapat menjadi sumber penularan selama 9 hari sejak keluhan bengkak ditemukan. Sebaiknya pada periode tersebut penderita dianjurkan tidak masuk sekolah atau melakukan aktifitas di keramaian karena akan menjadi sumber penularan dan penyebaran penyakit anak-anak di sekitarnya. Masa inkubasi : 14 – 21 hari. 

GEJALA GONDONG
Biasanya terasa nyeri saat mengunyah dan menelan, dan rasa nyeri ini akan bertambah hebat bila seseorang itu menelan cairan asam, seperti cuka dan air jeruk. Juga muncul pembengkakan yang disertai rasa nyeri pada sisi-sisi wajah dan di bawah bagian telinga. Kelenjar-kelenjar di bawah dagu mungkin juga akan membesar dan membengkak, dan sering terjadi demam. Pembengkakan akan berlangsung selama dua hingga tiga hari baru kemudian mereda. Penderita juga mungkin akan mengalami sakit kepala, mulut kering dan rasa letih yang hebat.
Komplikasi Gondong
Gondong pada dasarnya adalah penyakit yang enteng bila terjadi pada anak-anak. Namun bisa menjadi berbahaya bila terjadi pada remaja. Bila terjadi pada anak yang berusia belasan tahun, mungkin juga akan mengalami pembengkakan pada testis. Pembengkakan ini akan terasa sakit dan mungkin akan menyebabkan kemandulan saat mereka sudah dewasa. Komplikasi yang lebih serius lagi terjadi apabila gondong juga menyerang otak dan susunan saraf, yang menyebabkan radang selaput dan jaringan otak.

PENGOBATAN GONDONG
Biasanya anak yang terjangkit gondong akan sembuh total dengan sendirinya. Pemberian obat ditujukan hanya untuk mengurangi keluhan (simptomatis) seperti untuk menghilangkan nyeri dan menurunkan demam. Yang terpenting adalah istirahat. Si penderita gondong sebaiknya beristirahat total selama beberapa hari sampai suhu tubuhnya (demam) menjadi normal kembali.
Kompres panas atau dingin pada bagian tubuh yang sakit akan membantu meringankan rasa sakit. Selalu gunakan obat kumur yang baik untuk membersihkan selaput lendir mulut. Si penderita juga harus banyak minum, dan lebih baik diberi makanan lembek, karena makanan yang lembek kurang perlu dikunyah yang ujungnya bisa mencegah munculnya nyeri.
 
PENCEGAHAN GONDONG
Selain menghindari kontak dengan dekat dengan penderita gondong, penyakit ini dapat dicegah denganimunisasi/vaksinasi MMR (Mumps, Measles, Rubella) pada usia 12 bulan dan 4 tahun. Vaksinasi gondong juga boleh diberikan untuk pria yang belum pernah mengalaminya saat kanak-kanak. Ada baiknya penderita gondong diisolasi selama 9 hari sejak munculnya pembengkakan demi mengurangi risiko penularan kepada orang lain.
 
PRODUK PERLEBAHAN YANG DISARANKAN:
Anak–anak:
Honey Bee Pollens          : 3 x 1 tablet
Bee Propolis                   : 3 x 1 - 3 x 2 
Clover Honey                  : 3 x 1 sdm

     

Dewasa:
Pollenergy                      : 3 x 1 tablet
Bee propolis tablet         : 3 x 1, 3 x 2 tab
Royal Jelly Liquid          : 3 x 1, 3 x 2 sendok takar
Clover Honey                  : 2 x 1 sendok makan   
     
SEHAT itu MURAH, MUDAH dan MEMBAHAGIAKAN.
GO BREAKTHROUGH

Learn More

If you can think of anything we missed, let us know by sending your mail to :
careonline@breakthrough-generation.com
or
superb.breakthrough@gmail.com