Penyakit

Home / Penyakit

GOUT (ASAM URAT)

Gout adalah gangguan metabolik yang ditandai dengan kadar asam urat yang berlebihan dalam darah dan timbunan garam-garam asam urat pada jaringan sekitar sendi, khususnya pada jari tangan dan jari kaki. Ini juga terjadi pada tumit, lutut, tangan, telinga atau sendi manapun di seluruh tubuh.

Gout terjadi bila kristal-kristal tertentu terbentuk sebagai hasil akhir metabolisme protein yang tidak semestinya. Kristal-kristal ini tertimbun pada suatu sendi, membentuk benjolan atau kutil yang mengganggu gerak sendi, mengakibatkan sendi meradang sehingga terjadi serangan gout/ asam urat.
Gout sering timbul karena faktor keturunan. Namun, faktor-faktor seperti kegemukan, usia yang bertambah dan diet yang salah dapat memperbesar kecenderungan seseorang untuk terjangkit encok. Alkohol, makan berlebihan atau tekanan fisik dan emosi juga bisa mengakibatkan serangan gout.

Konsumsi air bersih hingga 2-3L perhari sangat dianjurkan untuk mencegah pembentukan kristal akibat penumpukan asam urat pada ginjal.
Program penurunan berat badan secara bertahap bagi mereka yang kegemukan akan mencegah serangan gout, tetapi penurunan yang drastis bisa menyebabkan serangan karena pengaruh (efek) yang menekan pada tubuh.

Pantangan yang paling sering dianjurkan bagi penderita gout adalah menghindari purin antara lain jerohan, tempe, emping, bayam, buncis, brokoli, dll. Suatu substansi dapat menghasilkan asam urat. Diet ini rendah vitamin B dan E. Beberapa penelitian percaya bahwa jumlah asam urat pada makanan terlalu sedikit untuk dapat menimbulkan gout dan bahwa penyebabnya sebenarnya terletak pada tidak efisiennya pencernaan protein oleh tubuh. Namun, jika diet rendah purin lebih disukai, vitamin-vitamin dan mineral dalam jumlah banyak, khususnya B kompleks dan vitamin E hendaknya diberikan.          
Asam pantotenat dibutuhkan untuk mengubah asam urat menjadi senyawa yang tidak berbahaya yaitu urea dan amonia. Kebanyakan penderita encok kekurangan vitamin B ini, sehingga mengakibatkan tertimbunnya asam urat. Stress dapat dengan cepat menghilangkan asam pantotenat maupun vitamin -vitamin B lainnya. Kekurangan vitamin E menyebabkan terbentuknya asam urat yang berlebihan. Makanan yang kandungan proteinnya kurang memadai atau makanan yang terlalu tinggi atau terlalu rendah kandungan. Asam amino murni juga dapat memproduksi terlalu banyak asam urat. Buah – buahan, sayuran dan berbagai macam juice membantu mengeluarkan asam urat.

Propolis akan membantu tubuh dalam proses pengeluaran endapan sisa purin yang tidak bisa tercena tubuh, dianjurkan dikonsumsi sambil minum banyak air 3 Liter perhari agar tidak terjadi endapan pada ginjal dan menjadi batu. Sebab asam urat disekresi melalui ginjal.
Royal Jelly sangat penting untuk memperbaiki segal kerusakan yang diakibatkan karena endapan asam urat.

Produk perlebahan yang disarankan:
Propolis tablet             : 3 X 1 - 3 X 2 tab
Royal Jelly Liquid        : 3 X 1 - 3 X 2 sdt
Pollenergy                  : 2 X 1 tab

          
SEHAT itu MURAH, MUDAH dan MEMBAHAGIAKAN.
GO BREAKTHROUGH


Bahan makanan yang boleh dan tidak boleh diberikan untuk yang mempunyai kadar asam urat tinggi (Gout)
Golongan bahan makanan dan makan yang boleh diberikan

  • Sumber hidrat arang =  nasi,jagung,ubi-ubian, kentang
  • Sumber protein hewani = daging atau ayam, ikan tongkol, tenggiri, bawal, bandeng 50gr sehari, ikan sarden, jerohan, telur, susu, keju.
  • Sumber protein nabati lemak = minyak dalam jumlah terbatas kacang -kacangan kering 25gr atau tahu,tempe,dan oncom 50gr sehari
  • Sayuran = semua sayuran kecuali asparagus, kacang polong, kacang buncis, kembang kol, bayam, jamur maksimum 50gr perhari
  • Buah-buahan = semua macam buah
  • Minuman = teh, kopi, minuman yang mengandung soda. Yang Tidak Boleh: alkohol
  • Bumbu dan lain-lain = semua macam bumbu. Yang Tidak Boleh: ragi

Learn More

If you can think of anything we missed, let us know by sending your mail to :
careonline@breakthrough-generation.com
or
superb.breakthrough@gmail.com