Penyakit

Home / Penyakit

STRUMA | HIPERTIROID | BASEDOW

Struma, yang disebut juga bronchocele, merupakan pembengkakan kelenjar tiroid, yang bisa menyebabkan pembengkakan leher atau laring. Struma dapat dibedakan menjadi 3 macam yaitu struma diffusa, struma toksik dan struma non toksik.

Struma diffusa merupakan pembesaran yang menyebar ke seluruh tiroid (bisa disebut struma simple, atau struma multinodul). Struma toksik merupakan hipertiroidism. Paling sering disebabkan oleh penyakit graves (basedow), tetapi bisa juga disebabkan peradangan atau struma multinodul. Struma non toksik (berkaitan dengan kadar tirois yang rendah atau normal) merupakan keseluruhan jenis struma yang lainnya (seperti yang disebabkan oleh lithium atau sejumlah penyakit autoimun).

 

Faktor resiko yang bisa menyebabkan penyakit struma yaitu umur diatas 40 tahun, riwayat struma dalam keluarga, jenis kelamin perempuan, tinggal di daerah yang orang-orangnya tidak mendapatkan cukup iodium, dan tidak mendapatkan cukup iodium dalam makanan.
Propolis dianjurkan untuk dikonsumsi sebagai pencegah pertumbuhan kelenjar gondok (struma). 

Hipertiroid adalah suatu kondisi dimana suatu kelenjar tiroid yang terlalu aktif menghasilkan suatu jumlah yang berlebihan dari hormon-hormon tiroid yang beredar dalam darah. Hormon-hormon tiroid menstimulasi metabolise dari sel-sel. Mereka diproduksi oleh kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid bertempat pada bagian bawah leher, dibawah Adam’s apple. Kelenjar membungkus sekeliling saluran udara (trachea) dan mempunyai suatu bentuk yang menyerupai kupu-kupu yang dibentuk oleh dua sayap (lobes) dan dilekatkan oleh suatu bagian tengah (isthmus). Penyakit hipertiroid lebih banyak terjadi pada wanita dibandingkan dengan pria, meskipun belum dipastikan faktor apa yang berperan dalam hal tersebut.
 
Penyakit yang satu ini perlu diwaspadai karena perkembangan penyakit hipertiroid sangat pesat dan cepat khususnya di Indonesia. Penyakit hipertiroid bahkan menempati urutan ke 2 dalam penyakit hormonal setelah diabetes.

Gejala-gejala yang sering terjadi pada penderita hipertiroid adalah penurunan berat badan yang drastis (badan nampak kurus meskipun makannya banyak), mudah nervous, mudah terangsang emosinya (cepat marah), tremor pada tangan, lemah, sukar tidur, dan meningkatnya detak jantung.
Penyakit basedow atau lazim juga disebut sebagai penyakit graves merupakan penyakit yang sering dijumpai pada orang muda akibat daya peningkatan produksi tiroid yang ditandai dengan peningkatan penyerapan yodium radioaktif oleh kelenjar tiroid. Penyakit basedow disebabkan oleh stres, merokok, radiasi pada leher, obat-obatan, dan organisme-organisme yang menyebabkan infeksi seperti virus-virus.

Royal Jelly Liquid dianjurkan dikonsumsi untuk menyeimbangkan kadar hormon tyroid dan Clover Honey untuk menambah stamina.
Produk perlebahan yang disarankan:
 
SEHAT itu MURAH, MUDAH dan MEMBAHAGIAKAN.
GO BREAKTHROUGH

Learn More

If you can think of anything we missed, let us know by sending your mail to :
careonline@breakthrough-generation.com
or
superb.breakthrough@gmail.com