Penyakit

Home / Penyakit

MALNUTRISI ENERGI PROTEIN/ GIZI BURUK

Gizi buruk adalah keadaan terparah tubuh yang mengalami kekurangan gizi dalam kurun waktu lama (menahun). Gizi buruk sering terjadi pada anak-anak. Penyebabnya adalah kurangnya asupan gizi seimbang. Bisa juga disebabkan karena penyakit-penyakit tertentu yang menganggu penyerapan zat gizi yang penting.

Dalam dunia medis gizi buruk disebut Malnutrisi Energi Protein (MEP). Ada dua macam MEP yaitu MEP ringan dan MEP berat.

MEP ringan disebut juga dengan gizi kurang. Belum memiliki gejala klinis yang khas. Gizi kurang hanya memiliki ciri kurus dan gangguan pertumbuhan. Sedangkan MEP berat atau gizi buruk sudah memiliki gejala klinis yang khas beserta gangguan biokimiawi dalam tubuh. Gizi buruk disebut juga busung lapar.

CIRI-CIRI MEP RINGAN

  • Anak terlihat kurus, berat badan sulit bertambah, atau bahkan cenderung turun
  • Tinggi badan bisa normal atau kurang berdasarkan usianya
  • Perbandingan antara berat badan terhadap tinggi badan normal atau dibawah normal
  • Pengukuran lingkar lengan atas (Lila) didapatkan hasil lebih kecil dari normal
  • Pematangan tulang terhambat
  • Aktifitas dan perhatian kurang dibandingkan dengan anak-anak sehat lainnya
  • Tebal lipatan kulit biasanya berkurang.

CIRI-CIRI MEP BERAT

  • Terlihat sangat kurus dan raut muka tua
  • Sering rewel dan cenggeng
  • Anak sering kali apatis dan kurang merespon
  • Perut tampak membesar

Pada tahun 2008 organisasi dunia memperkirakan gizi buruk terjadi akaibat air yang tidak aman. Sanitasi yang tidak memadai menyebabkan diare berulang dan infeksi cacing usus.

Gizi anak-anak di bawah usia 5 tahun sangat tergantung dari gizi yang diberikan ibu pada saat hamil. Kekurangan zat yodium pada ibu menyebabkan kerusakan pada anak. Jika anda merasa ada anak yang mengalami gizi buruk segara bawa ke rumah sakit. Penanganan gizi buruk ada tida fase yaitu stabilitasi, transisi, dan rehabilitasi.  

Untuk membantu agar masalah malnutrisi ini tidak terjadi, Bee Pollen akan sangat bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan gizi terutama protein dan vitaminnya. Clover honey akan sangat bermanfaat untuk membantu penyerapan nutrisi dari makanan yang diasup. Royal Jelly sangat bermanfaat untuk proses regenerasi sel. Buat ibu hamil dan menyusui, produk perlebahan sangat bermanfaat untuk membantu perkembangan janin terutama pada perkembangan sel otak dan pembentukan organ-organ lainnya. Ibu hamil membutuhkan Pollenergy, Royal Jelly Liquid dan Clover Honey. Nutrisi yang sangat sempurna dan sangat terjangkau akan membantu ibu hamil dan balita anda menjadi sehat.

GO BREAKTHROUGH

Learn More

If you can think of anything we missed, let us know by sending your mail to :
careonline@breakthrough-generation.com
or
superb.breakthrough@gmail.com