Sentilan

Home / Sentilan

WOMEN ENTREPRENEUR, WHY NOT?

Dunia saat ini mendorong wanita membuat wirausaha menjadi lebih seru. Karena wanita lebih kreatif, sensitive, memiliki taste yang berbeda dengan sebagian besar pria. Sayangnya saat ini, Indonesia hanya memiliki sekitar 0,1 – 0, 2 persen dari wanita Indonesia jadi wirausaha.

          

Mengapa pergerakannya masih relative kecil, GEM study (Global Entrepreneurship Monitoring) menjawab sebuah riset yang menunjukkan bahwa hanya 47% wanita merasa memiliki jiwa pengusaha. Sementara pria berani menjadi pengusaha sekitar 67%.

Di Amerika, sekitar 7% wanita menjalankan bisnis sendiri, pria sekitar 10%. Wanita lebih suka belajar hal-hal lain selain bisnis, di American Association University of Women mengatakan hanya 19% wanita yang tertarik belajar jurusan bisnis.

Meski demikian, banyak produk yang sukses luar biasa dibangun oleh wanita pengusaha, sebut saja Girls Who Code sebuah computer science education yang mengandalkan teknologi canggih mulai dari web design, mobile development hingga robotics. Ada pula seperti GoldieBlox, Engineer Girl, For Girls in Science dan seterusnya yang sama-sama berbasis teknologi.

          

Siapa yang bisa dikatakan Wanita Pengusaha Sukses di Indonesia?

Banyak sekali, daftarnya bisa ngga habis-habis. Tapi favorit saya sejalan dengan favorit banyak media seperti: Martha Tilaar, pengusaha kosmetik dan jamu Sariayu, Kartini Muljadi,satu-satunya wanita yang masuk daftar 40 orang terkaya di Indonesia versi Majalah Forbes Indonesia. Mooryati Soedibyo, pengusaha kosmetik Mustika Ratu. Ia juga masuk sebagai urutan nomor 7 dalam daftar 99 wanita paling berpengaruh di Indonesia 2007 versi majalah Globe Asia. Karen Agustiawan, profesional, Dirut Pertamina, ahli ekonomi.  Betti Alisjahbana, profesional, Presiden Direktur IBM Indonesia, jangan lupa Nyonya Meneer, pengusaha industri jamu dan masih banyak lagi.

          

Apa kelebihan women entrepreneur dan mengapa saya mendukung para wanita untuk terjun di dunia bisnis, ini adalah alasannya.

  1. Jago Networking. Jujur saja, jika saya diminta untuk kumpul-kumpul, rasanya kalah lawan para wanita. Mereka memiliki kemampuan untuk membuka percakapan, bersosialiasi, berteman, membangun lingkungan social yang sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk kemajuan bisnis.
  2. Entah mengapa, pria lebih mudah percaya dibanding wanita. Wanita memiliki naluri yang lebih tajam, baik dalam penilaian terhadap orang, juga dalam memilih produk. Tentunya ini adalah skill yang tidak dikuasai oleh pria. Wanita tidak punya masalah dalam mengandalkan intuisi.
  3. Multi-tasking. Wanita didesain untuk mampu menjalankan banyak hal dalam waktu yang bersamaan. Wow, ini adalah musuh pria. Pria hanya mampu melakukan satu hal dalam waktu bersamaan. Kalau sudah baca Koran, ngga bisa dengar anak nangis, apalagi kalau sudah nonton bola. Wanita sangat sigap dan cekatan untuk urusan multi-tasking. Memang perbedaan otak pria dan otak wanita yang membuat wanita adalah multi-tasking.
  4. Lebih banyak wanita yang teliti dibanding pria (ini bisa dikatakan subjektif). Mereka mampu memperhatikan hal detil. Bisa jadi, karena mereka bertanggung jawab atas well-being keluarga, jadi sudah terbiasa memastikan keamanan, kualitas dan harga yang sesuai dengan kantong.

Mari kita dukung para Srikandi untuk meramaikan dunia usaha dengan segala keeleganan mereka, sensitifitas mereka dan mentalitas yang positif. Saya yakin sekali akan lahir wanita-wanita hebat yang akan menginspirasi dunia usaha dari putri-putri Indonesia yang semakin hari semakin hebat. Buat Anda pembaca wanita, ayo berkarya lebih banyak, lebih mengeluarkan yang terbaik, lebih canggih dan lebih kerennn. Bagaimana caranya? Silahkan klik Contact Us dan hubungi kami. GO BREAKTHROUGH

Salam pencerahan(dikirim oleh Chika)

 

Learn More

If you can think of anything we missed, let us know by sending your mail to :
careonline@breakthrough-generation.com
or
superb.breakthrough@gmail.com