Be Smart

Home / Be Smart

MINUM AIR SAAT OLAH RAGA, HARUS ITU TAPI ADA ATURANNYA!

Setelah berolahraga, rasa yang pasti muncul pasti haus. Itu wajar karena banyar cairan tubuh yang keluar sebagai keringat. Akibatnya, badan tubuh di-recharge dengan minum air. Yang terjadi, semakin haus, semakin banyak kita minum. Tapi, tahukah Anda bahwa kita tidak bisa sembarang minum pada saat hendak memulai, pada saat dan setelah berolahraga.

Suhu tubuh normal manusia dewasa berkisar antara 36° - 37° C. suhu normal tersebut harus tetap terjaga agar proses metabolisme di dalam tubuh berjalan dengan baik. Namun, ketika Anda melakukan aktivitas fisik, seperti olahraga, suhu bisa mencapai 40° C.

Hal tersebut karena adanya peningkatan kebutuhan energi untuk kerja otot rangka. Peningkatan ini berasal dari peningkatan pembakaran zat makanan sumber energi seperti karbohidrat dan lemak. Proses metabolisme untuk mengubah makanan menjadi sumber energi inilah yang akhirnya meningkatkan suhu tubuh hingga di atas normal.

Secara alami, tubuh akan melakukan proses pelepasan panas tubuh. Salah satunya adalah dengan berkeringat. Semakin tinggi suhu tubuh Anda, maka akan semakin banyak pula cairan tubuh yang dikeluarkan. Untuk itu, Anda harus tetap menjaga keseimbangan cairan tubuh dengan konsumsi air pengganti. Jika tidak segera diganti, maka Anda akan mengalami dehidrasi. American College of Sport Medicine menganjurkan konsumsi air sebelum, sesaat, dan setelah berolahraga sebagai berikut :

SEBELUM LATIHAN

Empat jam sebelum olahraga dianjurkan minum 500-600ml air putih. Apabila 2 jam setelah minum Anda buang air kecil atau buang air kecil namun warna urine gelap (kuning tua), maka dianjurkan untuk minum lagi sebanyak 3-5ml/kg berat badan. Misal, berat badan Anda 60kg, maka minum 180-300ml. selanjutnya, sekitar 10-15 menit sebelum latihan dianjurkan untuk kembali mengonsumsi 250-300ml air.

SAAT LATIHAN

Mengonsumsi air saat latihan bergantung pada intensitas dan durasi olahraga. Bila Anda berolahraga kurang dari 60 menit, maka minum 100-250ml air putih tiap 15-20 menit latihan. Jika durasi latihan anda lebih dari 60 menit, dianjurkan untuk konsumsi minuman asupan olahraga atau penambahan energy untuk dikonsumsi. Minuman sport drink juga dianjutkan dikonsumsi jika Anda berolah raga dalam intensitas yang tinggi, seperti lari cepat jarak pendek, olahraga permainan, atau angkat berat.

          

SETELAH LATIHAN

Setelah latihan fisik, coba timbang kembali berat badan Anda. Berkurangnya berat Anda tidak mengindikasikan berkurangnya lemak dalam tubuh Anda melainkan berkurangnya cairan tubuh. Minum 600-700ml air putih untuk setiap 0,5 kg penurunan berat badan. Lakukan sedikit demi sedikit sampai berat badan kembali seperti sebelum olahraga.

MANFAAT AIR MADU

Setelah berolahraga kita serasa kehilangan energi dan merasa capek. Itu dikarenakan keringat yang keluar membawa serta mineral-mineral yang penting bagi tubuh. Tak hanya itu, pada saat itu, kadar gula dalam tubuh pun terbakar menjadi energi. Level gula menurun. Saat itu, tubuh membutuhkan minuman yang manis-manis. Jika pilihan Anda jatuh pada minuman manis dengan gula pasir seperti teh manis atau sirup, berhati-hatilah karena akan memicu penyakit diabetes. Sedangkan minum minuman berenergi akan berpengaruh terhadap kerja ginjal dan efeknya kurang baik untuk kesehatan ginjal Anda.   

Yang paling bijaksana adalah konsumsi AIR MADU. Mineral yang terkandung dalam madu antara lain kalium, Natrium, Kalsium, Magnesium, Besi, Tembaga, Fosfor, dan Sulfur. Mineral madu merupakan sumber ideal bagi tubuh manusia karena keseimbangan dan jumlah mineral pada madu mendekati level yang terdapat dalam darah manusia. AIR MADU juga memiliki kadar gula yang tidak membutuhkan insulin untuk diubah menjadi energi. Sangat CEPAT dalam PEMULIHAN ENERJI serta AMAN BUAT PENDERITA DIABETES MILITUS. Anda bisa mendapatkan kekayaan manfaat madu murni di HDI Clover Honey. HDI Clover Honey dapat dengan mudah diserap tubuh dan member energi secara aman.

            

Learn More

If you can think of anything we missed, let us know by sending your mail to :
careonline@breakthrough-generation.com
or
superb.breakthrough@gmail.com