Penyakit

Home / Penyakit

RUBELLA

Rubella adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus. Dikenal juga sebagai campak Jerman, yang biasanya menyerang anak-anak dan remaja. Rubella sendiri merupakan penyakit yang berbeda dari campak, tetapi memiliki kesamaan karena sama-sama menyebabkan ruam kemerahan pada kulit.

Untuk wanita hamil yang usia kehamilannya belum 5 bulan, jika terserang rubella harus diwaspadai. Hal tersebut karena rubella berpotensi untuk menimbulkan sindrom rubella kongenital yang bisa berdampak pada bayi setelah kelahiran. Apa yang terjadi pada bayi dengan ibu yang terinfeksi rubella? Kondisi-kondisi berikut ini yang bisa terjadi:

  • Tidak mendengar atau tuli.
  • Katarak.
  • Penyakit jantung kongenital.
  • Paru-paru, organ hati, hingga otak tidak dapat berfungsi secara normal.

Gejala Rubella

Anak-anak yang mengidap rubella, umumnya mengalami gejala yang lebih ringan jika dibandingkan pengidap yang sudah berusia dewasa. Penyakit ini memakan waktu 14 hingga 21 hari sejak terjadinya pajanan hingga timbulnya gejala. Berikut ini beberapa gejala umum rubella yang terjadi:

  • Sakit kepala.
  • Iritasi ringan pada mata.
  • Demam.
  • Hidung tersumbat.
  • Ruam berbentuk bintik-bintik kemerahan muncul di sekitar kulit wajah, kemudian menyebar ke badan, tangan dan kaki.
  • Rasa nyeri pada sendi.

Penyebab Rubella

Rubella berasal dari virus rubella yang bisa menyebar dengan begitu mudah dan biasanya melalui saluran pernapasan. Prosesnya adalah ketika pengidap rubella bersin atau batuk, kemudian percikan liurnya tanpa sengaja terhirup oleh orang-orang di dekatnya, sehingga menjadi jalan penyebaran rubella.

Rubella juga bisa ditularkan melalui berbagi makanan atau minuman dengan pengidap. Menyentuh beberapa bagian tubuh, seperti mata, hidung, atau mulut juga seharusnya jangan dilakukan setelah memegang benda yang sudah terkena virus rubella.

Selain proses yang sudah dijelaskan di atas, rubella juga bisa menyebar dari ibu hamil ke anak dalam kandungan melalui aliran darah.

Masa inkubasi pengidap rubella berlangsung satu atau dua minggu sebelum timbulnya ruam sampai sekitar satu atau dua minggu setelah ruam menghilang. Orang yang terinfeksi dapat menularkan penyakitnya sebelum orang tersebut mengalami gejala rubella.

Produk perlebahan yang disarankan:

Cek testimoni disini

Learn More

If you can think of anything we missed, let us know by sending your mail to :
careonline@breakthrough-generation.com
or
superb.breakthrough@gmail.com