Be Smart

Home / Be Smart

7 JURUS CEGAH KERIPUT

Keriput menjadi momok tersendiri bagi kaum hawa terutama bagi yang mulai menginjak usia tiga puluh tahunan. Meskipun orang bilangkeriput adalah tanda kebijaksanaan, tetap saja bagi wanita yang tidak percaya diri jika keriput mulai muncul di wajahnya karena terlihat tua. Apalagi kalau keriputnya lebih banyak dari seharusnya sehingga terlihat lebih tua dari umur sebenarnya.

Siapapun, pasti ingin terlihat awet muda, bukan? Selain perawatan dari luar, jangan lupa juga perawatan dari dalam dan perubahan gaya hidup secara total.

Untuk meminimalisir, sebaiknya dilakukan dari usia semuda mungkin agar kulit kita senantiasa sehat. Namun tentunya tidak ada kata terlambat. Jika memang anda masih memiliki kebiasaan buruk, tinggalkan sekarang juga! Berikut beberapa poin yang harus diperhatikan dalam keseharian.

1. JAUHI SINAR MATAHARI

Sinar matahari memang memiliki dua sisi: kadang ia menjadi sahabat kita karena memberi kita vitamin D yang bagus untuk tulang. Disisi lain, jika kita terpapar sinar matahari terlalu lama bisa merusak kulit. Ingatlah bahwa sinar matahari yang baik hanya ada di pagi hari di bawah jam 10, itu pun usahakan jangan berjemur terlalu lama. Jika anda terpaksa ke luar rumah di siang hari, jangan lupa gunakan sunscreen, bahkan jika hari sedang mendung. Selain itu, gunakan topi, kacamata dan baju lengan panjang. Sinar matahari juga menyebabkan kerusakan kolagen dan elastin yang fungsinya membuat kulit tetap kenyal. Sinar ultraviolet yang berbahaya juga bisa menyebabkan kanker kulit.

           

2. BERHENTILAH MEROKOK

Kulit perokok terlihat lebih tua dari mereka yang tidak merokok, terutama di area mulut. “Merokok dapat mengurangi asupan oksigen pada kulit yang mengurangi kelancaran sirkulasi darah, sehingga berakibat pada munculnya kantong mata dan keriput yang lebih besar dari seharusnya,” ujar  Bahman Guyuron, seorang dokter bedah plastik asal kota Cleveland, Ohio, AS, yang juga menjadi pemimpin penelitian tersebut, seperti dilansir news.com.au. Bahman menambahkan bahwa efek penuaan dapat diperlambat jika perokok bersedia berhenti merokok.

3. TIDUR TERLENTANG

Perhatikan ketika anda tidur menyamping, dengan pipi menyentuh bantal, ketika bangun anda mendapati garis halus di wajah anda? Jika terus menerus di lakukan, garis halus tersebut menjadi keriput. Tidurlah dengan telentang sehingga wajah anda menghadap atas. Kalaupun anda sudah terbiasa untuk tidur menyamping, gunakan sarung bantal dari sutra atau satin yang halus untuk meminimalisir efeknya.

          

4. POLA MAKAN SEHAT

Lagi-lagi pola makan sehat adalah kuncinya. Meskipun tidak ada makanan yang bisa menghilangkan keriput secara ajaib, tapi dengan pola makan sehat anda akan memberi nutrisi yang dibutuhkan kulit. Makanan yang mengandung vitamin, mineral, dan omega-3 membuat kulit sehat dan bersinar.

          

5. EKSFOLIASI DENGAN JUS LEMON DAN GULA. Jus lemon mengandung asam sitrat yang cukup tinggi, dimana kandungan ini bersifat abrasif dan bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati penyebab keriput di wajah. Selain itu, kandungan vitamin C pada lemon juga dapat bertindak meningkatkan produksi kolagen pada kulit wajah. Sedangkan gula sendiri mengandung glikolat yang dapat memperbaiki kerusakan sel kulit. Campuran kedua bahan alami ini bisa menjadi bahan eksfoliasi atau scrubing keriput di wajah.

Cara menghilangkan keriput dengan lemon dan gula:

- Pertama campurkan 1 sdt (5ml) gula organik mentah dengan 2 sdm (30 ml) air perasan lemon segar

- Setelah tercampur rata, oles dan pijatkan campuran tersebut secara merata pada bagian keriput

- Usahakan jangan sampai terkena mata, karena dapat menyebabkan rasa perih

- Diamkan selama 10 menit, apabila sudah meresap bilas dengan air dingin.

6. KONSUMSI AIR PUTIH DENGAN CUKUP

Air putih tidak hanya bermanfaat untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh saja, akan tetapi ternyata juga cukup baik untuk menjaga kulit tetap lembab. Dengan keadaan kulit yang lembab ini, maka keriput pun bisa hilang. Idealnya menurut para ahli, kamu disatankan untuk konsumsi air putih sebanyak 8 gelas sehari.

7. KEAJAIBAN MADU

Madu dipercaya bisa mengatasi keriput. Anda bisa menggunakan madu sebagai masker wajah. Caranya, basuh muka dengan air hangat, kemudian oleskan madu ke wajah anda dan biarkan selama 20-30 menit, kemudian bilas dengan air hangat lagi dan segarkan dengan es batu. Jerawat, atasi dengan madu yang berfungsi sebagai antibakteri bagi mereka yang berjerawat. Madu mengandung senyawa humektan yang dapat menyerap dan mempertahankan kelembaban kulit, sehingga bisa membantu menjaga elastisitas kulit dan mengatasi munculnya keriput. Madu juga berfungsi untuk menetralisir radikal bebas yang membuat wajah menjadi menua dan keriput.

          

Anda juga bisa menggunakan produk HDI Bee Botanics Facial Wash Gel yang mengandung campuran bahan alami bee propolis, Aloe Vera, dan multivitamin, yang merawat kulit secara alami dan tidak membuatnya kering. Selain itu juga selalu mengkonsumsi HDI Royall Jelly Liquid yang memiliki efek antipenuaan dan meningkatkan produksi kolagen sehingga kulit tidak mudah keriput.

SEMOGA BERTAMBAH AWET MUDA, YAA.. 

 

Learn More

If you can think of anything we missed, let us know by sending your mail to :
careonline@breakthrough-generation.com
or
superb.breakthrough@gmail.com