Be Smart

Home / Be Smart

12 MAKANAN PENURUN KOLESTROL TINGGI

Mengapa harus minum obat penurun kolesterol? Sepertinya obat penurun kolesterol tidak dibutuhkan jika Anda mengetahui dari dini makanan super yang bisa membantu menjaga kesehatan kolesterol Anda. Konsumsi 12 makanan atau suplemen “ajaib” ini untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi dan lemak jahat dari tubuh anda. Apakah keduabelas makanan tersebut?

1. Oatmeal

Mengandung serat larut yang dapat mengurangi tingkat kolesterol jahat dari dalam tubuh. Serat larut juga dapat ditemukan pada kacang merah, pisang, apel, pir dan buah prune. Cara kerja serat larut adalah mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah, sehingga tidak menumpuk di dalam pembuluh darah.

2. Anggur Merah

Sebuah study yang dilakukan The Department of Metabolism and Nutrition di Universidad Complutense de Madrid di Madrid Spanyol, menemukan fakta bahwa ada penurunan kadar LDL sebesar sembilan sampai 12% pada orang yang mengonsumsi buah merah.

3. Kacang

Kacang-kacangan seperti almond dan kenari mampu menurunkan kolesterol tinggi karena kandungan asam lemak tak jenuh gandanya. Untuk hasil terbaik jangan makan kacang-kacangan yang sudah dicampur garam atau gula.

4. Kacang Panjang

Kacang panjang mengandung banyak serat yang telah terbukti memperlambat laju dan jumlah penyerapan kolesterol dalam jenis makanan tertentu. Para peneliti di Arizona University Polytechnic menemukan fakta bahwa ½ cangkir sup kacang panjang dapat menurunkan kolestrol dan LDL hingga delapan persen.

5. Omega 3

Berikut adalah ikan yang mengandung Omega 3 : ikan kembung, sarden, tuna, dan salmon. Selain berguna menurunkan kolesterol jahat, Omega-3 juga sangat baik untuk kesehatan jantung dan menurunkan risiko terjadinya pembekuan darah serta risiko kematian mendadak akibat serangan jantung.

6. Teh Hitam

Di samping berguna untuk pencegahan kanker, teh hitam ternyata juga mampu untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi. Berdasarkan penelitian dari USDA, teh hitam dapat menurunkan kolestrol tinggi hingga 10% dalam waktu tiga minggu.

7. Buah & Sayuran

Jenis buah dan sayuran yang baik untuk kesehatan jatung dan menurunkan kolesterol adalah: blueberry, strawberry, acay berry, blackberry, cranberry, jambu biji, mangga, kubis, brokoli, paprika, cabai, apricot, mangga, labu, ubi jalar, wortel, dan bayam.

8. Alpukat

Buah ini mengandung beta-sitosterol, yakni lemak nabati untuk mengurangi jumlah kolesterol yang diserap dari makanan. Kendati demikian, alpukat juga tinggi kalori dan lemak, jadi sebaiknya tidak terlalu sering dikonsumsi.

9. Buah Zaitun

Kandungan anti-oksidan di dalam buah zaitun dapat menurunkan kadar tinggi, namun tidak mengurangi kolesterol baik di dalam tubuh (HDL). Buah zaitun selalu ada dalam menu masakan Mediterania. Selain buahnya, minyak zaitun juga sangat berkhasiat, karena mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E yang dibutuhkan tubuh, yang baik untuk meningkatkan kadar kolesterol baik.

10. Bawang Putih

Telah dipercaya selama berabad-abad bawang putih memberi dampak positif untuk melindungi kesehatan jantung. Penelitian juga menunjukan bahwa bawang putih dapat digunakan untuk menurunkan kolesterol tinggi. Yang terbaik adalah mengonsumsi bawah putih mentah yang dapat Anda masukan ke dalam salad atau menu makanan lain.

11. Kedelai

Kedelai dan segala jenis makanan yang terbuat darinya, seperti tahu, tempe, dan susu kedelai adalah penurun tinggi kolesterol yang ampuh. Penelitian menunjukan bahwa mengonsumsi 25 gram protein kedelai per hari dapat menurunkan LDL sebesar lima sampai enam persen.

12. Trimee II

Mengandung chitosan yang dapat mengikat molekul lemak dalam makanan sebelum makanan tersebut diserap ke dalam jaringan darah. Oleh karena itu, Trimee II secara signifikan dapat mengurangi penyerapan lemak dari makanan. Selain membantu menurunkan LDL, Trimee II juga membantu mengingkatkan HDL. Konsumsilah Trimee II secara teratur pada saat Anda sedang makan.

GO BREAKTHROUGH

Learn More

If you can think of anything we missed, let us know by sending your mail to :
careonline@breakthrough-generation.com
or
superb.breakthrough@gmail.com