Be Smart

Home / Be Smart

MAU LEBIH BAHAGIA, OLAH RAGA SAJA

Semua orang pasti ingin hidup bahagia. Segala cara dilakukan untuk memperoleh kebahagiaan itu: bekerja keras agar mempunyai uang berlimpah bagi sebagian orang yang melihat bahwa kebahagiaan bisa diperoleh dalam kondisi serba kecukupan; menjalin pertemanan sebanyak mungkinbagi individu yang berpikir bahwa kebahagiaan bisa didapat dengan mempunyai bayak teman; atau ada pula yang rajin beribadah bagi mereka yang menganggap bahwa kebahagiaan itu adalah situasi dengan Tuhan. Semua itu benar dan perlu diusahakan. Tapi, ada satu metode memperolah kebahagiaan yang tak boleh dilupakan. Apa itu? Olahraga secara teratur.

Selain terlihat lebih cerah, wajah orang yang gemar berolahraga dan beraktivitas tampak lebih bahagia dan tentu saja, sehat. Para ahli melakukan penelitian ilmiah untuk menemukan jawaban mengapa olahraga membuat orang bahagia.

MUNCULNYA ANTIDEPRESAN ALAMI

Olahraga membuat tubuh memompa tryptophan, asam amino yang meningkatkan level serotonin, hormon yang bisa menurunkan kadar stres. Tak hanya itu, berolahraga juga memicu kenaikan kadar dopamine dan neropinephrine, hormone alami pemicu rasa bahagia.

 

MENINGKATNYA SUHU TUBUH

Dengan berolahraga, suhu tubuh akan meningkat. Peningkatan ini diakibatkan oleh pelepasan pirogen, protein yang meningkatkan suhu tubuh, oleh sel darah putih. Saat suhu tubuh meningkat, maka akan timbul sensasi hangat. Sensasi inilah yang meningkatkan endorphin – hormon pemicu rasa senang – dalam darah dan memicu otak untuk mengontrol mood. Efek menenangkan yang muncul setelah berolahraga, sama halnya seperti saat berendam di air hangat.

MENGHINDARI PIKIRAN NEGATIF

“Olahraga membantu pengendalian diri dan ini sangat penting untuk mencegah perilaku buruk atau pikiran-pikiran negative,” kata Keith Johnsgard, Ph.D, penulis buku Conquering Depression and Anxiety Through Exercise. Olahraga, terutama olahraga permainan, membuat kita bersosialisasi dengan orang lain dan membuat kita terbiasa untuk berpikir positif. Nah, mau bahagia? Lirik cara ini.

Tentu saja, pilih jenis olahraga yang Anda gemari untuk mendapatkan manfaat ini. Selain bahagia, kita akan mendapatkan manfaat lain yang tak kalah pentig: sehat.

Kombinasikan manfaat olahraga dengan makanan kesehatan. HDI Royal Jelly bisa menjadi pilihan tepat. Menurut penelitian royal jelly terbukti membantu meningkatkan kesehatan dan fungsi otak dengan beragam vitamin dan mineral, terutama kandungan vitamin B dan asam aminonya. Penemuan terbaru juga menemukan bahwa royal jelly juga berfungsi menormalkan biokimia hormon yang berpengaruh pada mood  dan suasana hati seseorang.

Setelah berolahraga, rasa yang muncul pasti haus. Itu wajar karena banyak cairan tubuh yang keluar sebagai keringat. Akibatnya, badan butuh di-recharge dengan minum air. Yang terjadi, semakin haus, semakin banyak kita minum. Tapi, tahukah Anda bahwa kita tidak bisa sembarang minum pada saat hendak memulai, pada saat, dan setelah berolahraga.

Suhu tubuh normal manusia dewasa berkisar antara 36° - 37°C. suhu normal tersebut harus tetap terjaga agar proses metabolism di dalam tubuh berjalan dengan baik. Namun, ketika Anda melakukan aktivitas fisik, seperti olahraga, tentu terjadi peningkatan suhu. Saat olahraga, suhu bisa mencapai 40°C.

Hal tersebut karena adanya peningkatan kebutuhan energy untuk kerja otot rangka. Peningkatan ini berasal dari peningkatan pembakaran zat makanan sumber energy seperti karbohidrat dan lemak. Proses metabolism untuk mengubah makanan menjadi sumber energy inilah akhirnya meningkatkan suhu tubuh hingga di atas normal.

Secara alami, tubuh akan melakukan proses pelepasan panas tubuh. Salah satunya adalah berkeringat. Semakin tinggi suhu tubuh Anda, maka akan semakin banyak keringat yang keluar. Itu artinya bahwa semakin banyak pula cairan tubuh yang dikeluarkan. Untuk itu, Anda harus tetap menjaga keseimbangan cairan tubuh dengan konsumsi air pengganti. Jika tidak segera diganti, maka Anda akan mengalami dehidrasi. American College of Sport Medicine menganjurkan konsumsi air sebelum, sesaat dan setelah berolahraga. Tidak dianjurkan untuk konsumsi minuman berenergi tetapi akan sangat baik jika air yang dikonsumsi dicampur dengan pemanis alami seperti madu.

BE SMART!

BACA ARTIKEL: MINUM AIR SAAT OLAH RAGA, ADA ATURANNYA

Learn More

If you can think of anything we missed, let us know by sending your mail to :
careonline@breakthrough-generation.com
or
superb.breakthrough@gmail.com