Artikel

Home / Artikel

MINUMAN BERENERGI, AMAN NGGA?

Gambaran seorang yang letih bekerja seharian, lalu meneguk sebotol minuman sehingga rasa letih dan lemas menjadi bugar kembali. Hmm sepertinya bujukan dan rayuan iklan sangat hebat dan menghipnotis keinginan dan nafsu untuk meneguk kesegaran dan manfaat minuman energi. Bagi sebagian orang minuman ini dipercaya dapat menurunkan berat badan, meningkatkan stamina untuk atlet, meningkatkan konsentrasi dan bahkan memperbaiki mood ketika lelah dan kurang tidur.

Dewasa ini mengkonsumsi minuman berenergi dan minuman ringan yang sepertinya membawa kesegaran telah menjadi GAYA HIDUP. Tetapi pertanyaan yang perlu ditujukan pada diri kita adalah, GAYA HIDUP SEHAT atau GAYA HIDUP MERUSAK? Mengkonsumsi minuman berenergi seringkali menjadi pilihan para workaholic atau pilihan siapa saja yang ingin dan seolah-oleh terasa lebih segar. Apa sih kira-kira kandungan dari minuman berenergi tersebut? Aman ngga ya?

 

Berdasarkan kandungannya minuman berenergi tersebut mengandung kafein, taurin, beberapa vitamin, suplemen herbal, gula atau pemanis buatan. Minuman berenergi yang diminum secara terus menerus dan dalam jumlah yang sangat banyak pastinya memiliki efek negatif. Kandungan kafein atau stimulan yang terkandung dalam minuman ini dapat memacu kerja jantung dan sistem saraf tubuh secara berlebihan. Jika tubuh dipaksa melebihi kapasitasnya maka pastilah akan timbul efek negatif.

Pada awalnya tubuh akan merasa berenergi dan menjadi lebih segar, akan tetapi disisi lain jumlah yang terlalu banyak akan membuat efek yang berlipat ganda yang sama halnya dengan overdosis. Rekasi normal yang terjadi apabila terlalu banyak kafein yang masuk ke tubuh  selain meningkatnya denyut jantung dan tekanan darah, dehidrasi (pada beberapa kasus), sakit kepala, serta kesulitan tidur. Kematian akibat kafein dosis tinggi juga pernah dilaporkan sebanyak 4 kasus.

Tentang kandungan gula di dalam minuman energi yang jika dikonsumsi secara berlebihan dapat memberikan banyak efek negatif dalam jangka waktu panjang, seperti gangguan diabetes dan gangguan metabolik lainnya.

PADA KONDISI APAKAH MINUMAN INI SEBAIKNYA DIHINDARI? Jangan pernah meminum "energy drink" pada kondisi dimana tubuh beraktifitas yang mengeluarkan banyak keringat, karena efek diuretik kafein akan menyebabkan dehidrasi.     

Minuman berenergi termasuk dalam minuman yang aman, selama dikonsumsi dalam jumlah yang wajar dan tidak menjadikan diri ketergantungan. Namun untuk menjaga stamina tubuh agar tetap bugar sebaiknya menjalankan pola hidup yang baik. Yaitu makan makanan dengan gizi seimbang jika tidak bisa anda bisa memilih menggunakan mikro nutrient seperti produk perlebahan POLLENERGY. Perbanyak minum air putih serta berolah raga secara rutin. Penting juga untuk istirahat yang cukup agar aktivitas anda bisa maksimal.

     

Learn More

If you can think of anything we missed, let us know by sending your mail to :
careonline@breakthrough-generation.com
or
superb.breakthrough@gmail.com