Be Smart

Home / Be Smart

APA SEBENARNYA ANGIN DUDUK ITU ?

Angin duduk atau angina adalah sebuah kondisi yang ditandai dengan nyeri pada dada akibat otot-otot jantung kurang mendapat pasokan darah. Terganggunya pasokan darah ini terjadi karena adanya penyempitan atau pengerasan pada pembuluh darah.

Selain gejala tersebut, gejala angin duduk lainnya adalah sesak napas, tubuh terasa lelah, mual, pusing, gelisah, dan mengeluarkan keringat berlebihan.

Penyebab Angin Duduk

Agar dapat bekerja dengan baik, jantung membutuhkan asupan darah yang kaya akan oksigen secara cukup. Darah untuk organ ini akan dialirkan melalui dua pembuluh besar yang disebut sebagai pembuluh koroner. Angin duduk terjadi ketika pembuluh koroner tersebut mengalami penyempitan.

 

 

Berikut beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terkena angin duduk :

Kolesterol Tinggi

Tingginya kadar kolesterol di dalam tubuh seseorang berpotensi menumpuk di dalam pembuluh darah. Jika ini terjadi, tentu saja darah akan sulit mengalir ke dalam jantung.

Hipertensi

Jika aliran darah terhalang, jantung akan makin kuat memompa dan meningkatkan tekanan agar darah dapat mengalir. Jika ini terus terjadi, maka tekanan tinggi tersebut dapat merusak dinding arteri atau menyebabkan pengerasan pada pembuluh tersebut.

Stress

Saat stres, tubuh akan memproduksi sejumlah hormon yang dapat mempersempit pembuluh darah dan meningkatkan tekanan darah.

Obesitas

Orang yang mengalami obesitas akan rentan mengalami sejumlah kondisi yang dapat meningkatkan risiko terkena angin duduk, seperti hipertensi dan kolesterol tinggi.

Merokok

Aktivitas ini dapat merusak dinding arteri dan menyebabkan penimbunan kolesterol sehingga darah akan kesulitan membawa oksigen untuk diedarkan.

Kurang Berolahraga

Orang yang kurang olahraga berisiko terkena angin duduk karena rentan terhadap obesitas, hipertensi, dan kolesterol tinggi yang akhirnya akan meningkatkan risiko terjadinya angin duduk.

Pencegahan Angin Duduk

Selain menerapkan pola hidup sehat, berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah angin duduk :

  • Berolahraga.
  • Mengonsumsi makanan sehat.
  • Hindari makanan yang berbahaya bagi jantung.
  • Menjaga berat badan.
  • Berhenti merokok.

HOW HDI HELPS

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Konsumsi HDI Origins™ Bee Propolis. Karena produk ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami, serta membantu menurunkan kadar kolesterol jahat sehingga dapat melindungi jantung Anda.

Learn More

If you can think of anything we missed, let us know by sending your mail to :
careonline@breakthrough-generation.com
or
superb.breakthrough@gmail.com