Artikel

Home / Artikel

WASPADA! PRIA PUN BISA KENA KANKER PAYUDARA

Kanker payudara adalah jenis kanker pembunuh wanita nomor dua setelah kanker serviks. Kanker payudara menjadi mimpi buruk yang menakutkan bagi wanita selama ini. Sementara apda pria, risikonya lebih tinggi untuk mendapatkan kanker paru-paru dan kanker prostat. Karena payudara pada pria tidak tumbuh, apa benar pria aman dari risiko terkena kanker payudara? Ternyata jawabannya tidak! liPria tetap memiliki risiko terkena kanker payudara, lho!

                

Kanker payudara pada pria adalah kanker yang terbentuk pada jaringan payudara pada pria. Meskipun kasusnya jarang terjadi (The American Cancer Society memperkirakan 1 dari 1.000 pria akan mendapatkan kanker payudara, sedangkan pada wanita kasusnya terjadi pada 1 dari 8), tapi para pria harus tetap waspada. Terutama karena banyak yang tidak tahu dan kurang peduli pada penyakit ini, sehingga para pria jarang memeriksakan diri kalau ada yang mencurigakan, seperti misalnya mendapati ada gumpalan di daerah payudara (dada). Jika diagnosanya didapati ketika kanker masih di stadium awal, pengobatannya masih mungkin dilakukan. Namun seringkali para pria tidak mengindahkan gejala-gejala ini sehingga mereka terlambat menemui dokter sehingga akhirnya kanker baru diketahui ketika sudah mencapai stadium lanjut yang akhirnya sudah terlambat untuk diobati. Kanker payudara pada pria juga rata-rata terjadi pada pria yang sudah tua.

                  

 

Beberapa gejala kanker payudara pada pria antara lain:

  • Benjolan atau penebalan pada jaringan payudara, meskipun tidak terasa sakit.
  • Perubahan pada kulit di sekitar payudara seperti lesung, kerutan, kemerahan, atau bersisik atau puting susu masuk ke dalam.
  • Kehilangan nafsu makan dan berat badan, karena penyerapan nutrisi di dalam tubuh tidak berlangsung maksimal.
  • Keluar cairan berupa darah atau cairan berwarna putih dari puting susu.
  • Merasa cepat lemah, lelah, dan dehidrasi. Hal ini dikarenakan perkembangan sel kanker mampu mengganggu fungsi tubuh.

          

Cepat periksakan ke dokter jika anda mendapati satu atau beberapa gejala seperti di atas. Sel-sel kanker ini berkembang biak jauh lebih cepat di banding sel sehat. Sel ini juga agresif menyerang tubuh sehingga fungsi tubuh anda dapat terganggu dan menyebabkan berbagai masalah lainnya. Sel-sel ini membentuk tumor yang bisa dengan cepat menyebar ke jaringan lain, kelenjar getah bening dan bagian tubuh lain.

 

Faktor-faktor yang meningkatkan risiko kanker payudara pada pria antara lain:

  • Usia tua, kanker payudara pada pria umumnya terjadi pada pria usia 60-79.
  • Konsumsi obat-obatan yang menambah estrogen, seperti ketika terapi hormon untuk mengobati kanker prostat, atau penggantian kelamin.
  • Ada sejarah keluarga yang terkena kanker payudara.
  • Sindrom klinefelter yaitu ketika bayi laki-laki dengan lebih dari satu kromosom X. Sindrom klinefelter mengakibatkan pertumbuhan testis yang abnormal sehingga memproduksi hormon androgen lebih rendah dan lebih banyak hormon estrogen.
  • Penyakit hati yang menyebabkan hormon estrogen meninggi.
  • Obesitas, karena bertambahnya sel lemak dalam tubuh. Sel lemak ini mengubah androgen menjadi estrogen.
  • Pemaparan radiasi, jika anda menerima perawatan radiasi ke dada, seperti perawatan kanker yang ada di dada.

           

Meskipun belum diketahui penyebab pasti terjadinya kanker payudara, namun ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengurangi risiko kanker payudara pada pria, yaitu mengurangi bahkan menyetop konsumsi alkohol, dan menjaga berat badan ideal. Jaga pola makan sehat dengan banyak makan buah dan sayur serta produk perlebahan yang mengandung banyak antioksidan seperti Bee Pollen, Bee Propolis dan Clover Honey. Tidak ketinggalan juga memperbanyak latihan.

Baca KANKER PAYUDARA (Pada Wanita) 

Learn More

If you can think of anything we missed, let us know by sending your mail to :
careonline@breakthrough-generation.com
or
superb.breakthrough@gmail.com