Artikel

Home / Artikel

YUK SEHAT : 10 ATURAN SEHAT SELAMA BERPUASA

Setelah berpuasa seharian, banyak orang melahap banyak makanan saat berbuka. Hal ini mengakibatkan berat badan justru tidak terkontrol. Agar tubuh tetap sehat dan fit, berikut ini beberapa cara makan yang sehat selama berpuasa yang dilansir dalam Emirates27 (05/06).

1. MULAI DENGAN KURMA

Kurma merupakan sumber energi yang baik dikonsumsi selama Ramadan. Kurma mengandung gula yang dapat mengembalikan energi setelah berjam-jam puasa. Selain itu, kurma juga mengandung serat yang membantu lancarkan pencernaan dan juga kaya akan magnesium serta kalium yang membantu seimbangkan kesehatan tubuh.
 

 

 

2. TETAP TERHIDRASI
Cuaca yang panas serta tak ada asupan minuman yang masuk ke dalam tubuh membuat Anda bisa dehidrasi. Kurangnya cairan tubuh dapat membuat konsentrasi menurut serta tubuh terasa lemas. Agar hal ini tidak terjadi, pastikan Anda minum cukup air setelah berbuka sehingga cairan tubuh dapat kembali normal serta jangan lupa konsumsi 8 gelas air sepanjang malam.

Tak hanya air, buah dan sayuran juga berkontribusi dalam memberikan asupan cairan tubuh. Buah-buahan seperti semangka, jeruk, selada serta melon juga bisa makanan sehat yang juga membuat tubuh terhidrasi lebih baik.

3. CEGAH HAUS BERLEBIHAN
Hindari makanan asin seperti makanan kalengan atau makanan olahan, kacang asin dan acar. Karena beberapa makanan ini dapat meningkatkan rasa haus selama puasa. Selain itu, hindari makanan yang terlalu pedas dan juga asin serta konsumsi lebih banyak buah dan sayur untuk segarkan tubuh dan cegah rasa haus yang berlebihan.

4. MAKAN PERLAHAN
Saat berbuka mulailah dengan sajian manis seperti kurma, air madu, sup atau salad. Kemudian barulah konsumsi makanan utama setelah sholat tarawih. Terlalu banyak konsumsi makanan dalam waktu singkat saat berbuka dapat menyebabkan perut sakit dan juga kembung. Agar perut terasa lebih enak disarankan untuk konsumsi sup atau salad sebelum menikmati sajian utama. Menyantap kue dan kolak saat berbuka memang enak. Tetapi perlu diimbangi dengan makanan sehat agar berat badan tetap ideal dan tetap sehat.

5. GIZI SEIMBANG

Puasa bertujuan untuk meningkatkan kesehatan. Akan tetapi jika pola makannya salah, justru puasa akan membuat bobot bertambah dan makan berlebihan. Saat berbuka ataupun sahur, Anda perlu konsumsi makanan seimbang yang berisi sumber biji-bijian, protein, sayur, buah dan lemak sehat.

6. PILIHAN MAKANAN SEHAT
Membuat pilihan makanan sehat bisa bantu tubuh tetap fit selama Ramadan. Pilihlah makanan tinggi serat, daging tanpa lemak, dada ayam, ikan, minyak zaitun dan buah potong. Hindari konsumsi makanan yang digoreng dan tinggi lemak.

Daging, kacang-kacangan, telur dan produk susu kaya akan protein. Pastikan Anda konsumsi salah satu makanan ini, karena protein sangat penting bagi sel-sel tubuh.

7. HINDARI MAKANAN TERLALU MANIS
Terlalu banyak konsumsi makanan manis dapat mengakibatkan perut kembung dan sebabkan keterlambatan dalam pencernaan. Hal ini juga menyebabkan fluktuasi kadar gula darah yang akan menyebabkan keinginan berlebih untuk konsumsi makanan manis. Makanan manis yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah segelas madu atau segelas teh manis, kurma dan juga satu potong sajian kue manis.

8. HINDARI KOPI

Kopi mengandung kafein serta bersifat diuretik. Hal ini dapat mendorong orang lebih sering buang air kecil dan secara otomatis mengharuskan ginjal bekerja ekstra dalam melakukan proses eksresi. Akibatnya garam dan mineral yang dibutuhkan tubuh saat puasa akan ikut terbuang. Sehingga tidak dianjurkan minum kopi saat sahur. selain diuretik kopi juga bersifat asam. Sehingga penderita maag atau gastritis cenderung akan merasa mual dan kurang asupan makanan. Kopi sifatnya asam, ketika masuk ke lambung akan menambah tingkat keasaman lambung. Bukan hanya kopi, teh kental dan minuman bersoda juga bersifat diuretik.

9. BAGI PORSI MAKAN
Selama Ramadan, Anda dapat membagi tiga kali waktu makan yaitu saat buka puasa, camilan malam dan sahur. Selain itu, Anda juga perlu membagi tiga bagian pada hidangan utama. Dalam satu piring seperempatnya diisi dengan karbohidrat kompleks, seperempat dengan protein dan setengahnya sayuran. 


10. OLAHRAGA
Walaupun berpuasa jangan lewatkan waktu untuk berolahraga. Olahraga bisa dilakukan dengan cara apapun, misalnya membersihkan rumah dan luangkan waktu berolahrga satu atau dua jam setelah berbuka.

SILAHKAN DICOBA SEMOGA PUASA ANDA MEMBAWA BERKAH MELIMPAH.

Learn More

If you can think of anything we missed, let us know by sending your mail to :
careonline@breakthrough-generation.com
or
superb.breakthrough@gmail.com