Artikel

Home / Artikel

AWAS!!! SERANGAN JANTUNG BISA MENYERANG ANDA YANG MUDA DAN BERJIWA MUDA

Masih ingatkah Anda dengan pelantun lagu "Mampu Tanpanya" yaitu Mike Mohede(32), Shasya Yunisha (25), Ade Namnung (34), Adjie Massaid (43). Mereka meninggal di usia yang sangat muda dan mereka meninggal karena serangan jantung. Ohh artinya siapa saja bisa terkena serangan jantung meski mereka masih muda. 

Serangan jantung terjadi apabila pasokan darah menuju jantung terhambat. Gangguan aliran darah tersebut dapat menyebabkan kerusakan otot jantung dan berakibat fatal. Dalam dunia medis serangan jantung juga disebut  infark miokard.

Gejala yang muncul pada penderita serangan jantung :

- Pusing

-Sakit atau nyeri dibagian dada

- Merasa lemah dan pusing

- Gelisah dan cemas

Penyebab utama serangan jantung adalah jantung koroner. Jantung korener terjadi karena pembuluh darah tersumbat oleh tumpukan kolesterol berupa plak yang menempel di dinding pembuluh darah.

Ada faktor lain yang dapat memicu serangan jantung, yaitu :

Perlu diketahui juga bahwa serangan jantung tidak hanya terjadi pada usia tua,  siapa saja yang mengalami berbagai masalah kesehatan seperti yang disebutkan di atas memiliki risiko terkena serangan jantung lebih besar.

Sebenarnya serangan jantung juga bisa terjadi karena faktor keturunan. Hal ini juga yang bisa menyebabkan orang tua maupun muda terkena serangan jantung.

Faktor lainnya adalah faktor gaya hidup yang kurang sehat. Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa sering makan makanan berlemak bisa mengakibatkan serangan jantung pada usia tua ataupun muda.

Jaman sekarang banyak sekali anak muda yang hidup tidak sehat, makan makanan berlemak, minum minuman bersoda ataupun beralkohol dan gaya hidup lainnya yang dapat memicu serangan jantung. Hal itu menyebabkan banyak anak muda yang terkena seranga jantung.

Seringkali penyumbatan pada jantung tidak terlihat gejalanya secara spesifik. Sehingga orang yang menderita penyumbatan tidak sadar. Bila sudah ada sumbatan kinerja jantung terganggu. Olah raga berat bisa sangat memicu serangan jantung. Pada saat olah raga berat kerja jantung semakin berat. Karena adanya sumbatan aliran darah menuju jantung lambat. Padahal saat olah raga berat membutuhkan aliran darah yang cepat. Risiko terkena serangan jantung lebih besar laki-laki daripada perempuan.

Untuk mengantisipasi serangan jantung kurangi makan makanan berlemak, makanan berminyak, alkohol, dan makanan-makanan dengan kadar kolesterol tinggi. Makanan apa yang menutrisi jantung kita?

  1. Ikan Salmon. Setiap 3 ons daging ikan salmon mengandung lemak antara 5 hingga 11 gram dan 700 hingga 1.800 miligram zat omega-3. Selain itu ikan salmon juga memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral.
  1. Kacang almond. Mengkonsumsi 1 ons kacang almond dalam sehari juga bisa menurunkan resiko terkena penyakit jantung. Almod akan menghancurkan kolesterol jahat dalam darah dan mengubahnya menjadi kolesterol baik.
  1. Ikan Tuna. Omega-3 membantu jantung untuk mengatur denyut jantung, melindungi tekanan pada denyut jantung, menurunkan potensi serangan jantung, meningkatkan rasio kadar HDL dalam darah dan menggantikan semua makanan yang banyak mengandung kolesterol. 
  2. Beras Merah. Bahan anti oksidan mampu membuat sistem kerja jantung menjadi sangat stabil. Selain itu bahan anti oksidan juga mampu mengurangi kadar kolesterol buruk.
  3. Wortel. Semua kandungan wortel tersebut bisa membangun otot jantung, mencegah stroke dan juga membentuk sistem syaraf dalam tubuh.
  4. Sayur Bayam. Kandungan zat phytochemical dari zat warna hijau daun, vitamin, asam folat dan zat besi. Bayam akan melindungi fungsi jantung, mencegah gangguan pada detak jantung.
  5. Tahu. Berfungsi untuk mengurangi kadar kolesterol buruk atau LDL. 
  6. Kenari. Banyak mengandung asam lemak omega-3, magnesium, folat, vitamin E, lemak tak jenuh dan pitosterol. Dalam satu ons mengandung asam amino l-arginine yang bisa menurunkan resiko masalah pembuluh darah ke bagian jantung.
  7. Susu Kedelai. Mengkonsumsi susu kedelai secara rutin dapat menurunkan resiko serangan penyakit jantung dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
  8. Paprika Merah. Ditemukan lebih dari 30 jenis karotenoid. Berfungsi untuk menghambat proses oksidasi LDL.
  9. Ubi Jalar. Vitamin B6 dalam ubi jalar bisa berfungsi untuk mengatur sistem homosistein dalam tubuh sehingga bisa mengurangi resiko serangan jantung.
  10. Tomat. Mngandung vitamin C terutama zat lycopene, asam salisilat yang bisa mencegah proses pembekuan darah.
  11. Blueberri. Kandungan flavonoid dalam blueberri memiliki zat anti oksidan yang sangat tinggi. Zat lain yang sangat penting untuk jantung adalah antosianin yang bisa melancarkan peredaran darah dan mencegah masalah plak pada arteri di jantung.
  12. Asparagus. Kandungan gizi yang sangat penting untuk jantung, antara lain serat, vitamin B, dan asam folat. Vitamin B dalam asparagus berfungsi untuk mengatur sistem homosistein yang dapat mencegah serangan jantung. 
  13. Jeruk. Mengandung serat, vitamin C, kolin, dan kalium. kandungan kalium dalam jeruk banyak mengandung mineral elektrolit yang berfungsi untuk mengatur detak jantung.
  14. Labu. Kandungan magnesium dalam labu juga berperan untuk mengatur sistem kerja pembuluh darah yang bisa mencegah serangan jantung dan stroke.
  15. Pepaya. Zat anti oksidan, vitamin C dan vitamin A. tiga nutrisi ini berfungsi untuk mencegah proses oksidasi pada kolesterol tubuh. Mampu mencegah timbunan plak dalam pembuluh darah.
  16. Coklat. Mengandung flavonoid yang termasuk dalam kategori  prosianidin dan epikatein. Untuk mengendalikan jumlah oksidasi LDL, meningkatkan aliran darah dari arteri ke jantung, mengurangi resiko pembekuan darah di jantung. Konsumsi coklat per hari hanya diperbolehkan sekitar 65 gram.
  17. Teh. Kandungan polifenol memiliki zat anti oksidan yang sangat tinggi. Kandungan polifenol dalam the berfungsi untuk membersihkan paru-paru, memperlancar aliran darah dalam jantung dan mencegah resiko serangan jantung.
  18. Oatmeal. Menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Oatmeal yang terbuat dari gandum memiliki peran yang sangat penting untuk melindungi kesehatan jantung. 
  19. Anggur Merah. Mengandung senyawa resveratrol yang bisa mencegah munculnya penyakit jantung. Bisa mengaktifkan senyawa sirtuin yang bisa mencegah dan mengurangi resiko peradangan pada jantung.
  20. Brokoli. Brokoli juga memiliki kandungan anti oksidan, glukobrasin, karotenoid seperti zeaxantin, beta-karoten, dan flavonoid. Mengurangi kadar kolesterol dalam darah, menjaga pembentukan plak pembuluh darah, dan sebagai anti – inflamasi.
  21. Alpukat. Berperan yang besar untuk menyerap karotenoid ( terutama beta-karoten dan lycopene). 
  22. Minyak Zaitun. Bisa menurunkan kadar kolesterol buruk (LDL) dalam darah. Akan Melindungi jantung dengan menggantikanminyak dari kelapa sawit.
  23. Kacang-kacangan. Sayur buncis, kacang merah dan kacang hitam. Banyak mengandung niacin, asam folat, vitamin B komplek, asam lemak omega-3 dan juga kandungan serat yang sangat tinggi.
  24. Kedelai. Edamame banyak mengandung protein dan lemak tak jenuh. Mengurangi resiko penyakit jantung, menurunkan kadar kolesterol dan memperkuat otot jantung.
  25. Kentang. Serat tinggi dalam kentang bisa berfungsi untuk membersihkan semua kandungan kolesterol buruk dalam pembuluh darah.Konsumsi kentang secara teratur dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke.
  26. Kubis. Banyak mengandung lutein, zaexantin, sulforaphane, dan isohiocyanata. Kandungan zat ini dapat menjadi sumber anti – oksidan yang sangat tinggi untuk tubuh digunakan untuk menjaga kadar LDL dalam tubuh sehingga bisa mengurangi resiko penyakit jantung. 
  27. Pisang. Mengandung kalium, mineral elektrolit, dan sedikit sodium. Kalium sangat penting untuk jantung karena berperan untuk mengalirkan listrik ke denyut jantung.
  28. Apel. Apel adalah salah satu jenis buah yang bisa digunakan untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Apel mengandung serat tinggi yang bisa membuat sistem kerja usus menyerap lemak dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan jenis makanan lain.

JIKA MAKANAN ANDA TIDAK BISA MEMASTIKAN CUKUP ANTIOKSIDAN untuk melindungi jantung anda, konsumsilah rutih sarang lebah Bee Propolis secara rutin yang merupakan ANTIOKSIDAN PREMIUM. Minumlah madu Clover Honey untuk menjaga kestabilan kolesterol dalam darah Anda dan menjaga kesehatan jantung Anda.  Mulai ubah gaya hidup sehat hari ini juga.

GO BREAKTHROUGH

Learn More

If you can think of anything we missed, let us know by sending your mail to :
careonline@breakthrough-generation.com
or
superb.breakthrough@gmail.com