Artikel

Home / Artikel

APAKAH KEBUTUHAN NUTRISI PRIA DAN WANITA BERBEDA ?

kebutuhan nutrisi setiap orang pasti berbeda. Ada banyak faktor yang memengaruhinya, mulai dari ukuran tubuh, massa otot, aktivitas fisik, sampai penyakit.

Karena pria secara umum memiliki tubuh lebih besar dari wanita, mereka cenderung butuh nutrisi dan energy lebih banyak. Padan wanita, kebutuhan nutrisi mereka mengalami perubahan seiring denga kondisi. Misalnya saat kehamilan, menyusui, atau menopause, kebutuhannya berbeda.

Berikut beberapa faktor pembeda dalam kebutuhan nutrisi pria dan wanita:

1. ENERGI

Pria bukan hanya butuh energy lebih banyak karena tubuh mereka yang lebih besar, tapi juga karena secara alami otot pria lebih banyak, sementara wanita memiliki lebih banyak lemak. Karena metabolisme otot cenderung lebih aktif dibanding lemak, pria jadi butuh lebih banyak kalori.

2. PROTEIN

Secara umum, pria butuh protein lebih banyak dari wanita. Pada pria dan wanita, protein mengambil porsi 15 persen dari total kalori harian. Bagi pria dan wanita yang ingin membangun otot, tentu kebutuhan proteinnya lebih tinggi lagi. Asupan kalori yang tinggi, baik pada pria atau wanita, bisa berakibat pada pengeluaran kalsium lebih banyak lewat urin. Pada pria, hal ini bisa memicu batu ginjal dan pada wanita osteoporosis.

3. KARBOHIDRAT DAN SERAT

Sekali lagi, pria butuh karbohidrat lebih tinggi karena kebutuhan energinya juga besar. Agar lebih sehat, konsumsi karbohidrat kompleks dan penuhi kebutuhan serat tubuh melalui sayur, buah, dan kacang-kacangan. Pria juga butuh serat lebih tinggi, sekitar 38 gram per hari, sedangkan wanita 25 gram.

4. LEMAK

Konsumsi lemak seharusnya dalam skala moderat, sekitar 30-35 persen dari total kalori. Dalam hal ini, kebutuhan pria dan wanita sama, dan sebaiknya pilih dari sumber yang sehat seperti minyak zaitun, ikan laut dalam, atau daging unggas tanpa lemak.

5. KALSIUM

Kalsium merupakan nutrisi yang lebih penting bagi wanita ketimbang pria. Ini karena kaum hawa lebih rentan mengalami kerapuhan tulang. Konsumsi makanan mengandung kalsium tinggi bisa mengurangi risiko tersebut. Pada pria, mengonsumsi kalsium yang terlalu tinggi justru bisa meningkatkan risiko kanker prostat.

6. ZAT BESI

Ini juga mikronutrien yang lebih diperlukan kaum wanita dibandingkan kaum pria karena wanita akan kehilangan banyak zat besi dari darah selama menstruasi. Wanita perlu 18 mg zat besi per hari, sementara pria hanya 8 mg.

GO BREAKTHROUGH

Learn More

If you can think of anything we missed, let us know by sending your mail to :
careonline@breakthrough-generation.com
or
superb.breakthrough@gmail.com