Penyakit

Home / Penyakit

DEMAM

Demam bukanlah penyakit, tetapi adalah gejala penyakit dan biasanya tanda yang positif bahwa tubuh sedang melawan infeksi (American Academy of Pediatrics). Salah satu ciri infeksi adalah DEMAM.
 
Demam merupakan kondisi di mana suhu tubuh lebih dari 37.50C. Normalnya, suhu tubuh anak berkisar antara 36 hingga 37.50C. Demam sebetulnya muncul karena kapasitas produksi panas lebih besar daripada pengeluaran panas tubuh itu sendiri. Pada anak, peningkatan panas dapat dengan mudah terjadi karena meningkatnya aktivitas tubuh ataupun lingkungan yang panas.
Demam juga kerap disertai gejala menggigil yang merupakan indikasi adanya virus, bakteri, atau kuman. Dalam hal ini demam merupakan indikasi mekanisme pertahanan tubuh melawan infeksi atau zat asing dari luar. Jenis-jenis mikroorganisme itulah yang mengeluarkan racun dalam tubuh si kecil dan selanjutnya menyebabkan tubuh menggigil. Jadi, menggigil bukan diakibatkan oleh panas itu sendiri dan tidak semua demam disertai gejala menggigil.
 
BEBERAPA PENDAPAT UMUM TIMBULNYA DEMAM:
  1. Adanya infeksi seperti infeksi saluran kemih (sering buang air kecil atau buang air kecil disertai rasa pedih), infeksi streptokokus pada tenggorokan (sering kali disertai dengan radang tenggorokan), infeksi sinus (rasa sakit di atas atau di bawah kedua mata), dan abses gigi (bengkak di bagian mulut).
  2. Infeksi mononucleosis yang disertai rasa lelah.
  3. Tertular suatu penyakit saat Anda berada di luar negeri.
  4. Kelelahan karena kepanasan atau terbakar sinar matahari hebat.
  5. Radang.
  6. Efek samping obat dan imunisasi.
  7. Faktor lain seperti siklus menstruasi atau olahraga berat.
CARA MENGATASI:
  1. Mengkonsumsi banyak cairan. Sebagai obat pertama dari demam cobalah untuk mengkonsumsi banyak air, madu, jus dan minuman (teh dan rempah-rempah seperti pada umumnya). Cairan mencegah «pengeringan» tenggorokan dan hidung, mereka membantu selaput kelenjar untuk tetap terbuka sehingga mudah dibersihkan. Cairan juga berharga ketika Anda mengidap demam. Dalam hal ini ada peningkatan risiko kehilangan cairan dengan dehidrasi. Selain itu, hidrasi tubuh berkontribusi pada penghapusan racun yang dihasilkan dari sel-sel mati, yang meningkatkan kemampuan itu untuk melawan virus.
  1. Hindari kopi dan alkohol. Cobalah untuk menghindari minuman yang mengandung kafein dan alkohol karena zat tersebut cenderung mengeringkan tubuh kita dan ini bukan apa yang kita inginkan ketika kita demam.
  1. Uap air dan mandi air panas. Uap air dan mandi air panas adalah obat rumah yang paling umum untuk demam. Beberapa orang yang ada yang berdiri di kamar mandi dengan air panas, yang lain menghirup uap atas panci dengan air mendidih. Hal ini diyakini bahwa uap dapat memfasilitasi hidung mampet. Virus ini juga rentan terhadap suhu yang sangat tinggi, sehingga ada kemungkinan bahwa uap dapat «membunuh» virus melalui rongga hidung.
  1. Sup Hangat. Banyak orang menganggap sup hangat sebagai obat terbaik untuk orang demam. Keuntungan seperti obat tradisional berasal dari kaldu, yang membuat tubuh terhidrasi dan juga membantu dengan uap. Oleh karena itu mungkin bahwa setiap jenis kaldu panas akan membawa manfaat yang sama. Penelitian dibuat untuk konsumsi sup ayam sementara pada orang demam menunjukkan bahwa bahan-bahan sup ayam benar-benar dapat mengurangi pembengkakan rongga hidung dan membantu dalam penyembuhan lebih cepat dari flu biasa. Selain itu sup ayam dapat memberikan protein dari ayam, zat penting bagi tubuh kita untuk membangun antibodi untuk melawan virus.
  1. Gunakan humidifier. Perangkat ini merupakan metode yang baik untuk membuat udara lebih lembab. Hal ini dapat membantu untuk menjaga rongga hidung dalam bentuk cair dan dengan demikian menghindari pemblokiran hidung. Bila menggunakan humidifier pastikan untuk membersihkan secara teratur untuk memblokir kemungkinan mentransfer jamur di udara.
  1. Istirahat. Salah satu faktor yang paling penting dalam pengobatan demam adalah tidur yang baik dan umumnya santai. Anda perlu banyak beristirahat agar tubuh Anda dapat melawan virus demam dengan lebih baik, lebih cepat dan lebih efisien. Jika Anda memiliki demam Anda pasti harus tinggal di rumah, matikan ponsel Anda dan cobalah untuk bersantai. Kebanyakan orang cenderung untuk mencoba dan mengatasi demam dengan tidak beristirahat. Saran ahli adalah untuk tinggal di rumah dan bersantai selama dua hari di lingkungan yang hangat. Suhu yang khas bisa menjadi 24-25 Celcius (75,2 F).
  1. Tidak merokok. Meskipun Anda harus berhenti merokok untuk sejumlah alasan, merokok ketika Anda dingin memiliki kelemahan tambahan. Merokok dapat memperburuk gejala demam, sementara dapat diperburuk juga bila menjadi perokok pasif.
  1. Perhatikan diet Anda. Meskipun tidak terbukti bahwa diet dapat membantu Anda menyembuhkan dari dingin, makan buah-buahan dan sayuran penuh dengan vitamin C dapat membantu Anda mengatasi lebih cepat dari demam. Vitamin C memperkuat perlindungan tubuh, melindungi dari penyakit virus dan memberikan kontribusi untuk berfungsi lebih baik dari sel darah putih, yang berperan untuk melawan virus. Makanan lain, yang dapat membantu Anda dalam memulihkan lebih cepat dari demam, meliputI:
  • Bawang putih
  • Madu
  • Pepermin
  • Jeruk, lemon, jeruk, peterseli, seledri, kembang kol
  • Makanan yang mengandung zinc
  1. Jangan berolahraga. Hindari olahraga dan segala macam aktivitas fisik, selama 3-4 hari untuk memberikan tubuh Anda kesempatan untuk menyimpan kekuatan untuk memerangi virus.
Pastikan menggunakan produk-produk HDI untuk anti infeksi dengan meningkatkan daya tahan tubuh. Memastikan tubuh tidak kekurangan cairan dan meregenerasi sel-sel tubuh yang bermasalah. Produk HDI yang disarankan:
 
      
SEHAT itu MURAH, MUDAH dan MEMBAHAGIAKAN.
GO BREAKTHROUGH

Learn More

If you can think of anything we missed, let us know by sending your mail to :
careonline@breakthrough-generation.com
or
superb.breakthrough@gmail.com