Penyakit

Home / Penyakit

KANKER LIDAH

Lidah adalah salah satu indra dari 5 indra yang ada pada tubuh manusia. Indra pengecap yang bisa merasakan makanan manis, asin, kecut, pahit. Indra ini sangat berfungsi untuk kelangsungan pencernaan manusia. Bagaimana jika lidah bermasalah dan terjadi kanker lidah?

Kanker lidah adalah jenis kanker yang tumbuh pada sel-sel lidah. Kanker lidah paling sering tumbuh dan berkembang pada sel skuamosa yang ada di permukaan lidah. Jenis kanker lidah ini dikenal dengan istilah karsinoma sel skuamosa.

Lidah terdiri dari dua bagian, yaitu bagian depan yang terletak dalam mulut dan bagian pangkal yang terletak di dekat tenggorokan. Kanker lidah dapat berkembang pada kedua bagian tersebut. Kanker yang tumbuh pada lidah bagian depan termasuk dalam kategori kanker mulut. Sementara kanker yang tumbuh di pangkal lidah termasuk dalam kanker orofaring.

GEJALA-GEJALA YANG MENGINDIKASIKAN KANKER LIDAH MELIPUTI

  • Sakit tenggorokan yang berlangsung terus-menerus.
  • Bercak berwarna merah atau putih, benjolan atau sariawan yang tidak kunjung sembuh.
  • Sakit saat menelan.
  • Rasa kebas dalam mulut yang tidak kunjung hilang.
  • Pendarahan tanpa sebab pada lidah.
  • Rasa sakit pada telinga.

Sejumlah indikasi di atas mungkin saja disebabkan oleh penyakit atau infeksi selain kanker lidah. Tetapi, Anda sebaiknya tetap waspada dan memeriksakan diri ke dokter jika gejala-gejala tersebut lebih dari tiga minggu.

FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KANKER LIDAH

Penyebab kanker lidah belum diketahui secara pasti. Tetapi ada faktor-faktor tertentu yang dipercaya dapat memicu kemunculan kanker ini. Faktor-faktor risiko itu meliputi :

  • Rokok dan minuman keras

Merokok dan mengonsumsi minuman keras merupakan faktor pemicu utama meningkatnya risiko kanker yang berkembang pada leher dan kepala, termasuk kanker lidah.

  • Human papillomavirus (HPV)

Walau jarang, virus HPV dapat menyebabkan pertumbuhan jaringan abnormal dalam mulut sehingga memicu kanker. Penularan virus ini dapat terjadi jika Anda bersentuhan langsung dengan kulit pengidap atau benda yang terkontaminasi virus HPV atau melaui kontak seksual, seperti hubungan intim, seks anal, maupun seks oral.

LANGKAH PENGOBATAN KANKER LIDAH

Metode penanganan kanker lidah umumnya meliputi operasi, radioterapi, dan kemoterapi. Langkah yang dipilih tergantung pada jenis, letak, dan tingkat keparahan kanker lidah yang diidap.

GO BREAKTHROUGH

Learn More

If you can think of anything we missed, let us know by sending your mail to :
careonline@breakthrough-generation.com
or
superb.breakthrough@gmail.com