Penyakit

Home / Penyakit

PENYAKIT PILEK

Pilek adalah penyakit infeksi yang paling sering pada manusia. Rata-rata orang dewasa terkena pilek dua sampai empat kali setahun, sedangkan rata-rata anak bisa terkena enam sampai delapan kali. Pilek terjadi lebih sering pada musim dingin. Infeksi ini telah ada pada manusia sejak zaman kuno. MARI KITA SIMAK BERSAMA PENJELASAN BERIKUT INI !!

Pilek merupakan penyakit menular yang disebabkan virus pada sistem pernapasan yang terutama menyerang hidung. Tenggorokan, sinus, dan kotak suara juga dapat terpengaruh. Tanda dan gejala mungkin muncul kurang dari dua hari setelah paparan. Itu termasuk batuk, sakit tenggorokkan, rhinorrhea, bersin, sakit kepala, dan demam. Orang biasanya sembuh dalam tujuh sampai sepuluh hari. Beberapa gejala dapat berlangsung hingga tiga minggu. Pada orang-orang dengan masalah kesehatan lainnya, pneumonia kadang-kadang berkembang. Selanjutnya mari kita pelajari apa penyebabnya? Penyebab dari pilek adalah sebagai berikut ini : 
Penyebabnya terbagi menjadi 4 Faktor Utama yaitu :

  1. FAKTOR VIRUS
    Pilek merupakan infeksi saluran pernapasan atas yang mudah menular. Rhinovirus paling banyak menyebabkan pilek tersebut. Virus tersebut ditemukan pada 30% hingga 80% dari semua kasus yang ada. Virus lain juga dapat menyebabkan pilek. Coronavirus menyebabkan 10% hingga 15% dari kasus. Flu (influenza) menyebabkan 5% hingga 15% dari kasus. Kasus lain mungkin disebabkan oleh virus parainfluenza manusia, virus sinsisial pernapasan, adenovirus, enterovirus, dan metapneumovirus. 
  2. FAKTOR PENULARAN
    Virus pilek biasanya ditularkan dengan satu cara dari dua cara penularan utama. Menghirup atau menelan droplet di udara yang mengandung virus. Atau terkena ingus yang terinfeksi atau objek yang terkontaminasi. Belum ada kepastian mengenai cara apa yang menjadi metode penularan yang paling sering terjadi. Virus dapat bertahan lebih lama di lingkungan sekitar. Kemudian virus dapat ditularkan dari tangan ke mata atau hidung di mana infeksi terjadi. Orang yang duduk berdekatan mungkin paling berisiko terinfeksi virus tersebut. Penularan sering terjadi di tempat penitipan anak dan di sekolah karena anak-anak berdekatan dan di antara mereka terdapat anak-anak dengan kekebalan tubuh yang rendah dan kebersihan yang buruk. Infeksi tersebut kemudian terbawa ke rumah dan menular ke anggota lain di dalam keluarga. 
  3. FAKTOR CUACA
    Teori tradisional meyakini bahwa pilek ditularkan melalui pemajanan yang terus-menerus seperti dalam kondisi hujan atau musim dingin, oleh karena itu pilek disebut dengan cold (dingin dalam bahasa Inggris). Faktor risiko yang disebabkan oleh penggunaan pendingin badan (body cooling) masih menjadi kontroversi. Beberapa virus yang menyebabkan pilek bersifat musiman, lebih sering terjadi saat cuaca dingin atau saat hujan. 
  4. FAKTOR LAIN-LAIN
    Fungsi kekebalan yang rendah juga menjadi faktor risiko penyakit tersebut. Tidur yang tidak cukup dan gizi buruk juga menimbulkan risiko lebih tinggi terhadap terjadinya infeksi.

Setelah kita mengetahui apa saja faktor penyebab Pilek saatnya sekarang kita melakukan Pencegahan dengan upaya berikut ini :

  • Rajin cuci tangan pakai sabun
    Kebiasaan baik yang satu ini terbukti ampuh dalam hal mencegah pilek dan flu. Apalagi, vaksin flu ternyata tidak 100% ampuh melindungi Anda dari flu, pilek, dan batuk.
  • Olahraga rutin 
    Jenis olahraga yang disarankan dalam hal ini adalah senam aerobik. Senam aerobik, jika dilakukan dengan baik, maka akan membantu mengoptimalkan detak jantung. Hal ini memberikan pengaruh positif, yaitu meningkatnya sel-sel yang bertugas untuk membunuh virus penyebab penyakit.
  • Hindari merokok dan asap rokok
    Asap rokok dapat mengurangi kekebalan tubuh sehingga membuat tubuh menjadi lebih rentan terinfeksi virus pilek, flu, dan penyakit lainnya. Sementara itu, rokok juga dapat membuat saluran di dalam hidung menjadi kering dan membuat bulu-bulu halus yang ada dalam rongga hidung dan paru paru mengalami penurunan fungsi.
  • Jauhi stres
    Menjauhi stres adalah cara paling mudah berikutnya untuk mencegah pilek. Dengan menjauhi stres, sistem kekebalan tubuh akan semakin meningkat. 
  • Tambah asupan vitamin dengan makanan sumber phytochemical
    Mencegah flu dan pilek salah satunya dapat dilakukan dengan menambah asupan vitamin harian Anda. Untuk mencegah pilek, Anda disarankan untuk memperbanyak konsumsi makanan yang kaya akan phytochemical, yaitu aneka buah dan sayuran. Nah, disini ada juga bisa menambahkan madu serta aneka produk dari perlebahan karena terbukti dapat menangkal datangnya virus. Phytochemical berperan mengoptimalkan fungsi vitamin yang terkandung di dalam makanan yang Anda konsumsi. Efeknya, tentu saja tubuh jadi lebih sehat.
  • Kenakan masker
    Gunakan masker selama berada di tempat-tempat umum dan gunakan sanitizer untuk mencegah tangan terinfeksi kuman setelah melakukan kontak dengan orang lain atau fasilitas umum. 

Meski Pilek tidak begitu parah, sakit pilek atau flu sangat mengganggu aktivitas anda. Namun, anda tak perlu khawatir, karena sekarang Anda bisa mencegah pilek dengan mudah. Lakukan keenam tips di atas untuk mendapatkan perlindungan terbaik melawan infeksi virus penyebab flu dan pilek dan gunakan produk perlebahan dari HDI.

Produk perlebahan yang disarankan
Propolis tablet          : 3 x 1 tablet, 3 x 2 tablet
Pollenergy                 : 3 x 1 tablet
Clover honey             : 2 x 1 sdm
Royal jelly Liquid      : 3 x 1 sendok takar

GO BREAKTHROUGH 

 

Learn More

If you can think of anything we missed, let us know by sending your mail to :
careonline@breakthrough-generation.com
or
superb.breakthrough@gmail.com