Penyakit

Home / Penyakit

ARTHRITIS/ RADANG SENDI

Arthritis mengakibatkan bengkak dan nyeri pada persendian. Arthritis dapat juga disebabkan oleh alergi terhadap makanan tertentu. Arthritis yang sering dijumpai antara lain adalah osteoarthritis, Rheumatoid arthritis dan athritis Gout yang akan di bahas pada bab yang lain.
 
Osteoarthritis dijumpai pada orang-orang yang lanjut usia, berkembang sebagai akibat dari rusaknya tulang rawan diantara sendi karena terlalu banyak bekerja. Tulang rawan adalah jaringan yang licin, lembut berwarna putih keperakan seperti mutiara yang menutupi bagian ujung dari tulang pada sendi. Tulang rawan membuat permukaan ujung-ujung menjadi licin, menyebabkan sendi-sendi mudah digerakan. 
 
Sebagian akibat dari luka atau penggunaan selama bertahun-tahun dengan beban yang berat (pada orang gemuk), tulang-tulang rawan menipis dan bahkan bisa hilang. Jika cukup banyak tulang rawan yang rusak, permukaan ujung tulang akan saling bergesekan, menimbulkan rasa sakit dan tulang akan menjadi kaku(sulit digerakan). Osteoarthritis umumnya terjadi pada sendi-sendi yang memikul beban berat seperti misalnya sendi-sendi pada tulang dan lutut. Gejala-gejala osteoarthritis misalnya: lutut terasa kaku dan rasa sakit persendian, khususnya selama cuaca dingin (lembab), pada pagi hari atau setelah bekerja berat.
 
Rheumatoid Arthritis sebenarnya lebih merupakan reaksi antibodi tubuh yang menyerang persendian, antibodi yang diproduksi tidak dapat membedakan antara virus dengan sel-sel yang sehat sehingga merusak keduanya menyebabkan seluruh tubuh serasa hanya memiliki satu sendi. Gejala permulaan penyakit ini sering dikaitkan dengan tekanan fisik dan emosi, namun kurang gizi atau infeksi karena bakteri mungkin juga  menjadi penyebabnya.
 
Pengobatan arthritis melalui gizi dianjurkan agar penderita arthritis mengkonsumsi makanan yang kandungan gizinya seimbang sehingga tubuhnya dipenuhi dengan bahan-bahan gizi yang dibutuhkan untuk proses penyembuhan. Jika penderita arthritis kelebihan berat badan, hendaknya ia berusaha menurunkannya agar mengurangi tekanan-tekanan pada sendi-sendi yang diakibatkan oleh beban yang berat.
 
Vitamin C dibutuhkan untuk mencegah agar dinding-dinding kapiler pada sendi-sendi tidak rusak sehingga mengakibatkan pendarahan, bengkak dan menimbulkan rasa sakit. Asam float, vitamin B12 dan zat besi dapat membantu mengobati anemia yang biasanya menyertai arthritis. Gangguan hati pada penderita arthiritis dapat menghalangi pengubahan zat karotin menjadi vitamin A. Kesulitan dalam mengasimilasi karbohidrat mengakibatkan defisiensi vitamin B. Minyak ikan dan Royal Jelly yang kaya asam pantotenat dapat membantu para penderita arthritis. Propolis yang mengandung antioksidan tinggi menghambat proses kerusakan-kerusakan yang terjadi pada sendi-sendi. CAPE yang terkandung dalam propolis juga merupakan anti infamantori/ anti radang yang cukup efektif.
 
Glukosamine dan Chondroitin merupakan substansi dasar pembentukan tulang rawan dan cairan sendi. Propolis memberikan peranan penting dalam proses kesembuhan dengan menekan peradangan di sekitar sendi. Olah raga penting baik untuk pencegahan maupun pengobatan arthritis karena sendi-sendi yang jarang digerakkan cenderung menjadi kaku. Sikap tubuh yang baik juga penting untuk mencegah agar sendi-sendi tidak kaku dan lumpuh. Sikap yang menyebabkan tekanan lebih berat pada sendi-sendi tertentu sehingga mengakibatkan rasa sakit yang tidak semestinya.
 
PRODUK PERLEBAHAN YANG DISARANKAN:
Bee Propolis                        : 3x1 tab
Liquid Royal Jelly                : 3x1 sendok takar
 
    
SEHAT ITU MURAH, MUDAH DAN MENYENANGKAN
GO BREAKTHROUGH
 

Learn More

If you can think of anything we missed, let us know by sending your mail to :
careonline@breakthrough-generation.com
or
superb.breakthrough@gmail.com