Penyakit

Home / Penyakit

HUMAN MONKEYPOX ( CACAR MONYET )

 

Human Monkeypox (MPX) atau yang sering disebut Cacar Monyet merupakan penyakit Zoonosis atau penularan penyakit dari hewan ke manusia yang disebabkan oleh virus Monkeypox (MPXV). Virus monkeypox mirip dengan cacar pada manusia . Meskipun monkeypox jauh lebih ringan daripada cacar, namun monkeyfox bisa berakibat fatal.

 

 

Transmisi Penularan

Seseorang dapat terinfeksi virus Monkeypox melalui kontak dengan darah, cairan tubuh, atau lesi kulit atau mukosa hewan yang terinfeksi.

Daerah Endemis

Virus Monkeyfox tersebar terutama di bagian Afrika tengah dan barat, yang merupakan daerah hutan hujan tropis.

Agen Penular

Virus monkeypox sebagian besar ditularkan ke manusia dari berbagai binatang liar seperti tikus dan primata (kera). Infeksi pada manusia pernah dilaporkan pada penangkar kera yang terinfeksi, tikus hutan dan tupai, dimana hewan pengerat/tikus menjadi penyebab terbesar penularan virus ini.

Gejala

Gejala mulai timbul 14-21 hari sejak pertama kali terinfeksi virus monkeypox dengan gejala demam, sakit kepala hebat, limfadenopati (pembengkakan kelenjar getah bening), sakit punggung, mialgia (nyeri otot), dan asthenia (kekurangan energi). Ruam kulit muncul mulai di wajah dan kemudian menyebar di tempat lain di tubuh.

Diagnosa

Karena Monkeypox mirip sekali dengan penyakit ruam lain, seperti cacar, cacar air, campak, infeksi kulit akibat bakteri, kudis, sifilis, dan alergi terkait obat. Monkeypox hanya dapat didiagnosis secara pasti di laboratorium khusus dengan sejumlah tes yang berbeda.

Pencegahan

  • Menghindari kontak dengan tikus dan primata terinfeksi serta membatasi paparan langsung terhadap darah dan daging yang tidak dimasak dengan baik.
  • Membatasi kontak fisik dengan orang yang terinfeksi atau bahan yang terkontaminasi harus dihindari.
  • Memakai sarung tangan dan pakaian pelindung lainnya yang sesuai saat menangani hewan yang terinfeksi dan ketika merawat orang yang sakit.
  • Petugas kesehatan dianjurkan melakukan vaksinasi.
  • Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.

Negara terjangkit Monkeypox

Tahun 2017 kasus monkeypox terjadi di Central African Republic, Democratic Republic of Congo, Liberia, Nigeria, Republic of Congo, and Sierra Leone.

HOW HDI HELPS

bee propolis 3x1 selanjutnya 3x2

royal jelly 2x1 sdt selanjutnya 3x1

pollenergy 2x1

 

 

 

 

Source : www.who.int

Learn More

If you can think of anything we missed, let us know by sending your mail to :
careonline@breakthrough-generation.com
or
superb.breakthrough@gmail.com