Artikel

Home / Artikel

JERAWAT PERTAMAKU

Menginjak usia remaja, seringkali identik dengan kehadiran jerawat. Hal ini dikarenakan perubahan hormon yang terjadi pada anak lelaki maupun perempuan di masa pubertas. Meskipun normal, kehadiran jerawat seringkali mengganggu penampilan. Bagaimana mengakalinya?

Ketika pubertas, hormon androgen pada anak lelaki maupun perempuan akan meningkat. Hormon ini membuat kelenjar minyak pada kulit membesar dan memproduksi sebum lebih banyak. Jerawat akan muncul ketika sebum menyumbat pori-pori. Jerawat umumnya muncul di wajah, meskipun kadang muncul juga di leher, punggung, dada, atau bahu. Meningkatnya hormon ini adalah sesuatu yang normal terjadi di masa pubertas remaja sehingga tidak bisa dihindari. Kehadiran jerawat pun sesuatu yang normal dan bukanlah sesuatu yang berbahaya, hanya saja seringkali mengganggu penampilan dan ujungnya tidak percaya diri. Yang bisa kita lakukan hanyalah mencegah supaya kehadirannya seminimal mungkin apalagi jangan sampai jerawat tersebut makin parah, iritasi dan infeksi, sehingga meninggalkan bekas susah dihilangkan.

               

Pada umumnya jerawat dimulai pada usia 10 hingga 15 tahun dan akan hilang ketika memasuki usia 25 tahun, namun tidak jarang juga orang dewasa masih memiliki jerawat. Kehadiran jerawat bekaitan erat dengan hormon, oleh karena itu jerawat kerap muncul ketika terjadi perubahan hormon, seperti saat pubertas, ketika menjelang menstruasi pada wanita, dan saat mengalami stres. Jerawat juga bisa terjadi karena alergi makanan dan minuman tertentu seperti susu dan makanan laut, atau kekurangan vitamin A dan E.

JANGAN SALAHKAN JERAWATNYA TAPI PERBAIKI KEBIASAAN ANDA. Untuk mencegah atau setidaknya meminimalkan jerawat, simak tips berikut:   

  • Rajin membersihkan wajah 2 kali sehari terutama sebelum tidur. Gunakan handuk bersih untuk mengeringkan wajah setelah mencucinya.

          

 

  • Jika memiliki kulit berminyak, bisa menggunakan krim yang membantu mengurangi kelebihan minyak

                 

 

  • Usahakan tidak memiliki poni rambut karena rambut yang kotor akan bercampur dengan minyak di wajah.            
  • Lakukan exfoliate (pengelupasan) seminggu sekali untuk membuang sel kulit mati.

          

 

  • Segera mandi sesampainya di rumah apalagi setelah beraktivitas berat seperti olahraga, agar minyak tidak bercampur dengan bakteri.

          

 

  • Rajin membersihkan telepon genggam karena banyak bakteri di permukaannya yang kemudian menempel di pipi.

          

 

  • Jangan menyentuh wajah karena banyak kuman dan bakteri di tangan.

          

 

  • Hindari makanan berlemak dan bergula, perbanyaklah makanan yang mengandung vitamin C dan Zinc.

          

 

  • Gunakan bahan-bahan alami yang untuk mengatasi jerawat. Jangan gunakan bahan-bahan yang membuat kulit wajah anda menjadi kering. Yang disarankan adalah masker madu.

           

SEMOGA BERMANFAAT!

Learn More

If you can think of anything we missed, let us know by sending your mail to :
careonline@breakthrough-generation.com
or
superb.breakthrough@gmail.com