Penyakit

Home / Penyakit

GIGITAN TOMCAT

Tomcat menjadi binatang yang populer karena gigitannya disebut-sebut dapat menyebabkan gangguan hebat pada kulit meski tidak sampai menyebabkan kematian. Serangga jenis kumbang yang cantik ini naik daun karena banyak pemberitaan tentangnya sehingga banyak yang penasaran dengan binatang satu ini. 

Mengenal Tomcat
Mari kita kenali Tomcat ya...
Serangga yang sebenarnya tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, hanya saja mereka mengenal dan menyebutnya dengan berbagai nama semisal semut semai, semut kayap, Charlie, kumbang ‘rove’ atau memiliki nama khas dari berbagai bahasa di tiap masing-masing daerah. Berikut ini adalah hal-hal yang berkaitan dengan ciri khas binatang tomcat :

  • Warna kulit. Warna kulitnya belang hitam dan orange serta bertubuh ramping dengan ujung badan berbentuk runcing. Sekilas, binatang ini cukup indah dipandang karena memiliki perpaduan warna kulit yang sesuai, mencolok dan menarik perhatian.
  • Tempat hidup. Ia biasa hidup di daerah hutan bakau, daerah yang lembab, rawa-rawa atau pepohonan. Selain itu, tomcat juga betah berlama-lama di daerah yang kotor dan terang-benderang.
  • Racun tomcat. Konon, racun yang dimiliki binatang ini lebih ganas dibanding racun ular kobra, akan tetapi untungnya racun tomcat tidak mudah menyebar ke seluruh tubuh dan hanya menyerang permukaan kulit saja tidak seperti racun ular cobra yang mudah menyebar ke seluruh jaringan tubuh.
  • Cairan tomcat. Selain menggigit, tomcat juga sering mengeluarkan cairan ketika bersentuhan dengan kulit manusia. Cairan tersebut merupakan racun yang dapat menyebabkan luka lebam bahkan melepuh. Anehnya, tomcat juga tak jarang meninggalkan cairan tersebut di handuk, seprei, baju dan berbagai jenis pakaian manusia. Karena itu, berhati-hatilah sebelum mengenakan pakaian dan jangan remehkan cairan aneh yang Anda temui.

Berdasarkan definisi di atas hewan ini beracun meskipun kecil, gigitannya dapat menyebabkan reaksi yang luar biasa meskipun tidak mematikan 
BERIKUT INI BEBERAPA GEJALA DARI GIGITAN TOMCAT :

  • Kulit kemerahan. Muncul warna kemerahan pada kulit. Sekilas warna merah itu mirip alergi  kulit di sebuah bagian tertentu yang merata.
  • Ruam merah itu diiringi dengan rasa gatal yang hebat. 
  • Gigitan tomcat biasanya juga akan menyebabkan peradangan serta iritasi kulit, rasa terbakar dan perih serta sakit ketika disentuh.
  • Kulit melepuh. Dalam kasus yang parah atau jika tidak mendapatkan perawatan dan penanganan secepatnya, gigitan ini akan menyebabkan kulit melepuh dan bernanah. Kondisi tersebut sangat mirip dengan luka bakar ringan. Jika Anda mengalami satu atau beberapa gejala gigitan tomcat serangga di atas, lakukanlah beberapa langkah penanganan agar gangguan yang Anda derita tidak semakin parah.

Rekan-rekan semua tak perlu khawatir karena Dapat disembuhkan dan berikut ini cara Penyembuhannya :

  1. Menyingkirkan Tomcat
    Hindari kontak kulit langsung dengan binatang ini karena tomcat akan mengeluarkan cairan yang dapat menyebabkan luka melepuh pada kulit Anda.
  2. Tidak Menggaruk Bagian yang Gatal
    Untuk mencegah semakin menyebarnya kuman yang dibawa tomcat, mereka yang terkena gigitan tomcat disarankan tidak menggaruk bagian yang gatal dan segera melakukan pengobatan dan atau perawatan. Menggaruk bagian yang gatal akan membuat lepuhan akibat gigitan tomcat menyebar dan meluas.
  3. Menggunakan Sabun
    Penggunaan sabun ditujukan untuk menetralisir efek racun yang disuntikkan tomcat ke dalam tubuh korbannya. Namun demikian, jangan menggunakan sabun seperti ketika mencuci pakaian dengan cara menggosok-gosok bagian baju yang kotor. Anda cukup oleskan sabun lalu tunggu sampai kering dan bilas.
  4. Menggunakan Salep
    Penggunaan salep utamanya ditujukan untuk mengurangi rasa sakit yang diakibatkan oleh gigitan tomcat. Sangat baik apabila salep terbuat dari bahan alami dari produk perlebahan seperti Aloe Propolis Cream.
  5. Menggunakan Bahan Alami Tanah Liat
    Tanah liat juga bisa menjadi alternatif pengobatan bagi Anda yang terserang gigitan tomcat. Caranya adalah dengan mencampur tanah liat dengan sedikit air hingga berbentuk krim. Setelah itu, oleskan pada kulit yang terkena gigitan tomcat lalu tunggulah sampai kering. Lakukan perawatan ini secara rutin sampai sakit yang diderita menghilang.

Nahh, demikian itu tadi sedikit pembahasan mengenai GIGITAN TOMCAT Sebisa mungkin kita menjaga kebersihan agar hewan-hewan kecil yang beracun seperti Tomcat ini tak hinggap maupun bersarang  di rumah kita. Produk HDI yang dapat membantu adalah:


GO BREAKTHROUGH

Learn More

If you can think of anything we missed, let us know by sending your mail to :
careonline@breakthrough-generation.com
or
superb.breakthrough@gmail.com